Bakinonline.com.Rohil –Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMP, hadiri acara panen ikan Patin Koperasi Bina Usaha Bersama yang terletak di Jalan Karya Kelurahan Bagan Barat,Kecamatan Bangko.Rabu (15/02/2017).
Dalam acara tersebut turut di hadiri Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan,Sekretaris Daerah Surya Arfan,Dandim 0321 Bambang Soekisworo,Danlanal,Kapolsek Bangko Kompol Agung Triadi,Camat Bangko,Kepala Dinas,serta Unsur Pemerintahan lainnya.
Dalam sambutannya,Bupati memberikan apresiasi terhadap Koperasi Bina Usaha Bersama yang telah sukses menjalankan usaha Perkolaman Ikan Patin yang memiliki hasil yang begitu luar biasa.
Bupati juga memberikan Apresiasi terhadap Ibrahim selaku pendiri awal dari budidaya kolam ikan patin tersebut,hingga berdirinya Koperasi Bina Usaha Bersama.yang saat ini telah beranggotakan 30 orang.
“Kami selaku Pemerintah Daerah sangat gembira dengan sambutan yang telah diberikan serta memberikan apresiasi kepada Koperasi BUB atas keberhasilannya dalam mengembangkan usaha perikanan Patin ini yang memiliki hasil begitu luar biasa.”ucap Bupati.
Bupati berharap pengembangan Budidaya kolam ikan tersebut Bukan hanya berada di Bagansiapiapi saja.namun harus ada di seluruh kecamatan se Rohil.karena budidaya ikan tersebut dapat meningkatkan tarap hidup Masyarakat.dan keberhasilan Koperasi BUB tersebut dapat dijadikan sebagai contoh.
Bupati juga menyebutkan Pemerintah melalui Dinas Perikanan akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan potensi Kolam tersebut.serta meminta kepada Koperasi BUB untuk memperbanyak kolam yang telah ada.agar hasil ikan nya dapat memenuhi kebutuhan serta permintaan Masyarakat di Rohil.
Sementara itu,Rezi Widia selaku Sekretaris Koperasi BUB menyebutkan.awal mulanya Kolam ikan Patin tersebut di bangun aleh Ibrahim pada Tahun 2012.dan hanya memiliki ikan 4000 ekor.namun dengan adanya bantuan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan saat ini mereka telah memiliki 7 Kolam.dan untuk ikan yang akan dipanen ada Tiga kolam yang diperkirakan sebanyak 12 Ton.
“Awal mulanya Kolam ini berdiri Tahun 2012 oleh Pak Ibrahim.saat itu hanya memiliki ikan 4000 ekor.namun dengan adanya bantuan dari Pemerintah saat ini kita telah memiliki 7 Kolam yang beroperasi.untuk ukuran kolam kita 18 x 40 Meter,” kata Rezi.
Rezi juga menjelaskan,untuk pakan ikan pihaknya mengolah sendiri dengan membeli ikan busuk serta dedak kemudin digiling dengan mesin yang merupakan bantuan dari Pemerintah.
Dalam kesempatan tersebut,Bupati juga menyerahkan secara simbolis Kartu Asuransi Nelayan Kepada Para Nelayan yang ada di Kabupaten Rohil sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap para Nelayan.(sagala).
Keterangan poto ; Bupati Rohil bersama ketua DPRD Rohil,Sekretaris Daerah serta Dandim 0321 saat panen ikan