Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Jembatan Layang ‘Pelangi’ Antapani, Selasa (24/1/2017).

  Bakinonline-Bandung.Awal pembangunan jembatan dimulai pada tanggal 10 juni 2016. Proses pembangunan memakan waktu cukup singkat, hanya selama 6 bulan.

       Pembangunan jembatan itu dinyatakan rampung dan layak setelah melalui tes ujicoba lalu lintas pada 28 Desember 2016 dan serangkaian tes lainnya.

        Jembatan layang Antapani ini pilot project teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia.

IMG-20170124-WA0012

         CMP adalah teknologi yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian PUPR. Teknologi ini pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang dan Kelebihan CMP adalah masa konstruksi yang lebih cepat dari beton umumnya. Pembangunan jembatan layang “pelangi” ini bertujuan mengatasi kemacetan dipersimpangan jalan antapani dan jalan terusan antapani.

        Pantauan TRC “Tim Reaksi Cepat” Bakin Pers dari pukul 07.30 WIB sd 12.00 WIB jembatan tersebut ditutup. sehingga terjadi kepadatan kendaraan di sekitar jembatan akibat adanya penutupan tersebut.(dev_rachoon)