wira usaha
bakinonline.com

Lampung Selatan – bakinonline.com

Usaha peternakan ayam potong yang berada di Dusun Dua, Desa Cinta Mulya keberadaannya diprotes warga. Pasalnya mereka membuka usaha pembesaran ayam Broiler (ayam potong) tidak memiliki izin usaha dan tidak ada ijin/ pemberitahuan kepada warga sekitar lingkungan tempat usaha (kandang) ayam tersebut.

Akibatnya warga sekitar lingkungan yang merasa terganggung meminta pengusaha kandang menutup usahanya karena disamping tidak memiliki ijin lokasi tesebut kurang pada tempatnya,

Mat Kosim salah satu warga sekitar lokasi kandang ayang merasa terganggu dengan bau yang tidak sedap dari katoran dan limbah ayam setelah dipotomg.

“Ijin dari pemerintah dan ijin persetujuan warga juga tidak ada, warga setiap saat menikmati bau tak sedap dari kotoran dan limbah ayam pada saat di panen yang terbawa oleh hembusan angin,” ujar Mat Kosim.

Untuk kenyamanan, ketenangan, serta udara yang sehat, warga sekitar menghendaki agar tempat usaha (kandang ayam) tersebut segera ditutup.

“Kami menghendaki agar kandang ayam tersebut  ditutup karena lokasinya berada di lingkungan permukiman warga dan tidak memenuhi kelayakan, membuat kandang ayam di permukiman warga,  harapan saya kepada pemerintah desa, Kecamatan dan Kabupaten sebaiknya melihat ke lokasi sebelum memberikan ijin,” Kosim mewakili warga.

Merespon keluhan warga Parminto wartawan Bakin Online, mencoba mengunjungi kandang tersebut melihat dari dekat, kondisi kandang milik Widido yang berjumlah tiga (3) kandang. Namun sayang pemilik kandang tidak ada ditempat dan kandang juga masih belum terisi ayam, hanya nampak bekas ayam telah dipanen.

Secara terpisah ketua RT. Manijo saat dijumpai di kediamannya ia menjelaskan, Memang selama ini kandang milik pak Widodo tidak memiliki ijin, dulu pemilik kandang pertama ada ijin lingkungan, tapi saat diminta untuk diperlihatkan sudah tidak ada lagi entah hilang, rusak, tapi kalau ijin dari pemerintah saya tidak paham,” kata Manijo.

“Untuk saat ini memang sedang minta tanda tangan/ ijin dari warga lingkungan mungkin untuk membuat ijin dari pemerintah,” Manijo menambahkan.   (prmt/bkn-lamsel)