Bandung, 22 Desember 2018 – bakinonline.com

Truk Tangki pengangkut BBM jenis solar terguling di jalan Soekarno Hatta Bandung Sabtu, (22/12/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam proses evakuasi dilakukan dengan menyemprotkan foam.

Menurut Petugas Depot Pertamina bagian KSSE, Eman Suherman mengatakan,  pihaknya harus menyemprotkan foam terutama pada tangki tersebut.

“Ini pakai foam, fungsinya untuk menutup uap, supaya gas uapnya nggak kemana mana yang keluar dari tangki tersebut, ” ujar Eman kepada wartawan.

Eman menjelaskan, selain menyemprotkan foam ke truk tangki, sedangkan untuk solar yang tercecer di jalan, pihaknya menggunakan oil dispersan.

Dia mengatakan, “Oil dispersan ini fungsinya untuk penetalisir BBM atau solar yang tadi tumpah ke jalan, jika disemprotkan menggunakan oil dispersan, solar tersebut seperti air beras warna putih,” katanya

Sementara itu, pihaknya dalam evakuasi truk Tangki tersebut mengerahkan satu unit fire truk, satu unit fakum truk, dan satu unit mobil rescue dari Pertamina serta 10 petugas dari Depot Pertamina bagian KSSE.

Petugas dengan cepat dan cermat, sehingga tidak terjadi kebakaran di tempat kejadian, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, dugaan sementara truk karena mengalami rem blong. ?    # Red. Bakin