Bakinonline.com - Berani Krits Independen

Kab. Bandung Bakinonline.com

Penyelenggaraan Medal Pilkada Kabupaten Bandung 2020,  yang dilaksanakan Minggu (6/3/2020) di Stadion Si Jalak Harupat Jalak Kutawaringin Kabupaten Bandung, mendapat sorotan dari Ketua Fraksi Partai Nasdem yang juga anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Toni Permana. SH.

Menurutnya, dari informasi dan laporan kawan – kawan yang hadir pada acara tersebut, kegiatan Medal Pilkada Kabupaten 2020 kurang  maksimal, dalam pengertian kegiatan tersebut tidak diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, ada juga masyarakat yang saat kita itu hadir berolahraga atau hanya datang ke pasar tumpah yang setiap hari Minggu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, mereka tidak tertarik dengan kegiatan Medal Pilkada yang digelar KPU saat itu.

Dikatakan Toni, Kegiatan tersebut dinilai tidak punya daya tarik, seharusnya momen tersebut harus dijadikan acara yang dapat menarik perhatian dan minat masyarakat untuk mengikutinya, jangan timbul anggapan kegiatan Medal Pilkada hanya seremonial dan karikatif belaka, KPU harus tahu  kewajiban dan haknya.

KPU seharusnya mengundang elemen masyarakat dan beberapa stake holder, ada OKP, tokoh masyarakat, Ormas, LSM juga seniman untuk memberikan masukan agar kegiatan menjadi menarik bagi masyarakat, jangan sampai KPU ini tertutup masukan dari semua unsur masyarakat . ujar Toni.

Dijelaskan Toni, disisi lain KPU punya target 79% partisipasi masyarakat untuk memilih di Pilkada, tentunya ini harus diturunkan pada level kegiatan, artinya KPU harus mempunyai kreatifitas untuk menarik minat masyarakat, kalau KPU bingung, undang elemen masyarakat, agar dapat memberikan masukan bagaimana bentuk kegiatan agar agenda Pilkada  di kabupaten Bandung ini mendapat apresiasi masyarakat pada saat pelaksanaannya di bulan September mendatang.

Dengan anggaran yang sedemikian besar seharusnya KPU harus banyak mempunyai bentuk kegiatan untuk menarik minat masyarakat agar dapat berpartisipasi serta berkontribusi mensukseskan agenda Pilkada ini.

Dan kami dari Fraksi Nasdem Kabupaten Bandung secara khusus akan bersilaturahmi ke KPU, untuk mengadakan presentasi khusus persiapan pelaksanaan agenda Pilkada 2020 Kabupaten Bandung ini.

 Selain KPU, kinerja Bawaslu Kabupaten Bandungpun mendapat perhatian dari politisi Nasdem ini, menurut Toni. # Sulaeman