Toni Permana Kembangkan Metode P.R.A Dalam Kegiatan Resesnya

Kab. Bandung- Bakin online.com

Antusiasme masyarakat dan konstituen yang mengikuti reses masa sidang I tahun 2019 yang dilaksanakan Ketua Fraksi Nasdem yang juga anggota komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Toni Permana. SH. Hal ini dibuktikan sejak hari pertama pelaksanaan kegiatan di GOR. Warakauri  Baleendah, Rabu ( 27/11/2019 ) dan pada hari kedua di Gedung Serbaguna desa Bumi wangi kecamatan Ciparay, Kamis ( 28/11/2019 ) dan terakhir Jum’at (29/11/2019) di GOR . Katulampa desa Cikawao kecamatan Pacet, selalu dipadati konstituen.

Alhamdulillah, artinya ini membuktikan bahwa konstituen sangat mendukung langkah saya sebagai anggota dewan, untuk menyalurkan aspirasi mereka , dan pihak kami khusus dari fraksi Nasdem tentunya akan menampung aspirasi konstituen ini, sebagai bahan pokok pikiran serta langkah kerja kami di agenda bahasan, baik di fraksi juga di komisi, ujar Toni kepada media Bakin online, usai pelaksanaan reses terakhir di desa Cikawao kecamatan Pacet Jum’at (29/11/2019).

Diungkapkan Toni, Didalam pelaksanaan reses ini saya gunakan metode PRA ( Participarory Rural Apprasial ) yaitu metode yang melibatkan konstuen untuk dilibatkan sebagai subyek bukan menjadi obyek, artinya para konstituen dapat menggali permasalahan dan sebagai penentu usulan secara proaktif, sehingga mereka dilibatkan dalam perencanaan, pengawasan serta mengevaluasi kebijakan untuk keberhasilan beberapa program bagi masyarakat sendiri.

Dijelaskan Toni, Berbagai aspirasi dari konstituen, tentunya ini merupakan amanah yang harus saya laksanakan, dan tentunya pihak kamipun tidak dapat serta merta dapat merealisasikan semua aspirasi yang diinginkan masyarakat, kami bersama pihak dewan tentunya akan melihat skala prioritas, jelasnya.

Apalagi RAPD tahun 2020 sudah disyahkan,tetapi mudah – mudahan aspirasi ini dapat direalisasikan di APBD perubahan. Ditambahkan Toni, dari banyaknya aspirasi yang muncul dari pihak konstituen, ini merupakan bentuk masukan untuk kepentingan dan peningkatan pembangunan di kabupaten Bandung, baik itu infrastruktur sarana dan prasarana, pendidikan , kesehatan serta sosial dan budaya, untuk mencapai kabupaten Bandung yang Maju Mandiri dan Berdaya Saing dapat terwujud, ungkapnya.

Pada akhir keterangannya, Toni mengatakan, Saya secara pribadi dan dari fraksi Nasdem, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat konstituen yang telah memberikan kepercayaan kepada pihak kami, untuk menjalankan amanah melalui berbagai aspirasi, mudah-mudahan kami dapat menjalankan amanah ini dan menjadikan ibadah bagi saya, pungkasnya.

Pada kesempatan reses ditiap titik , topik lingkungan , sampah, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial dan budaya selalu menjadi pilihan aspirasi konstituen, ini membuktikan bahwa masyarakat cukup proaktif dan antusias menyampaikan harapan dan keinginannya, untuk kemajuan Kabupaten Bandung ini.

# Sulae- Bkn