Bandung, 26 Mei 2017 (bakinonline.com)

Puasa bulan Ramadan adalah wajib hukumnya bagi umat muslim, ada Tipes yang perlu kita perhatikan agar stamina pada waktu menjalankan puasa terap terjaga, sehingga dapat tetap menjalankan aktifitas dengan baik.

Diawali dengan niat puasa sebelum makan saur dan mengkonsumsi makanan yang seimbang yang diperlukan oleh tubuh kita, tidak perlu mengkonsumsi makanan yang berat dan banyak menagndung lemak kalori tinggi, karena semuanya tidak dapat mengimbangi energi yang hilang pada waktu menjalankan puasa.

Salah satu yang penting dalam makan saur adalah : Jangan   banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng (gorengan) dan makanan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi, karana dapat menimbulkan kehausan dalam menjalankan puasa.

Makanlah makanan yang tepat, yaitu makanan yang mengandung kalori (lemak yang baik), makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, misalnya nasi, kentang atau roti, telur dadar, tahu, tempe ikan, sayuran dan buah-buahan akan lebih baik ditambah secangkir susu sapi.

Makan secukupnya, tidak perlu berlebihan karena makan berlebihan pada waktu saur justru akan menimbulkan kantuk dan lemas, kadang malah kepala jadi pusing. sehingga akan mengganggu akitifitas kerja, (Darjono- Bakin).