Tim PKH Kecamatan Pasean Ucapkan, “Selamat HUT Ke- 74 Republik Indonesia”
bakinonline.com

Pamakasan – Bakinonline.com

Tak kalah menarik. Ucapan HUT RI ke 74 muncul dari tim pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) kecamatan Pasean, Kabupaten Pamakasan Madura, “Dirgahayu Repunlik Indonesia” dalam momentum Hari kemerdekaan PKH berkomitmen akan meningkatkan kinerja pendampingan yang sesuai dengan Bisnis Proses (BP) yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Sabtu (17/8/19).

Hal ini mengingat tugas dan peran pendamping PKH adalah kepanjangan tangan kementrian sosial RI untuk membangkitkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar dapat memanfatkan bantuan tersebut san kedepan tidak lagi menggantungkan nasib dengan bantuan pemerintah.

Dalam semangatnya, Kordinator PKH kecamatan Pasean (Korcam) Halik mengatakan, “KPM – PKH kecamatan Pasean Harus segera di bangkitkan nalar kreatifitasnya, harus segera digraduasi mandiri dan harus segera di keluarkan dari garis kemiskinan. Mengingat hal ini merupakan sebuah kewajiban tugas bagi kita pendamping agar masyarakat tak menggantungkan nasibnya terhadap bantuan sosial, tentu dalam pencapaian kenirja di atas harus melalui prosedur atau panduan aturan baku yang telah di tetapkan, Ujar Halik/

Senada dengan Kordinator Kabupaten (KORKAB) Lukman Hakim, “Program Keluarga Harapan (PKH)  adalah merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu penanganan fakir miskin. Yang dalam hal ini kementrian sosial RI sebagai leading sektor program yang memilki Sumber Daya Masyarakat (SDM)  PKH handal dan berkualitas yg ditugaskan sesuai tingkatannya dari pusat sampai ke desa. Pendampingan sosial merupakan aktivitas kunci dalam pencapaian tujuan PKH, seperti halnya melalui kegiatan P2K2/FDS merupakan proses belajar terstruktur untuk memperkuat terjadinya perubahan perilaku pada KPM yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya kesehatan, pendidikan, ekonomi, perlindungan anak dan kesejahteraan sosial (disabilitas berat dan lanjut usia).“ Papar Lukman.

Selain itu, Untuk memastikan proses bisnis PKH di Kabupaten Pamekasan berjalan lancar dilapangan dan sesuai ketentuan, maka Koordinator Kabupaten melakukan control melalui Monitoring dan evaluasi setiap penyaluran bansos.

Dengan jumlah 6 (enam) pendamping yang bertugas untuk 9 (Sembilan) desa di kecamatan Pasean, PKH berjalan cukup maksimal, baik dalam kegiatan penyaluran bantuan, pelaporan maupun dalam Proses Pendidikan perubahan perilaku KPM.

*Halik- Bakin Pamakasan.