Sumedang,  bakinonline.com –  Rasa syukur atas keberhasilannya tim penggerak PKK Kab. Sumedang dalam prestasi sebagai juara tiga  dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tahun 2019 ditingkat nasional disampaikan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, SE. saat menggelar hari keluarga besar nasional (HARGANAS) di lapangan upacara IPP Setda Kabupaten Sumedang, senin, (1/7/2019)

Acara ini merupakan apel pagi gabungan sekaligus upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-XXVI Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sumedang dengan tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana” yang dilaksanakan di Lapangan Upacara IPP Setda Kabupaten Sumedang

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan menyampaikan,” bahwa  peringatan Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Juni merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.”  Ujarnya

Ia mengatakan, peringatan Harganas ke-XXVI merefleksikan tentang 4 (empat) konsep pendekatan ketahanan. Empat konsep tersebut, kata Wabup, yaitu keluarga berkumpul, Keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan keluarga berbagi. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membentuk ketahanan keluarga dalam menghadapi era 4.0.

Lebih lanjut Wabup menambahkan, sebagai wahana utama sosialisasi nilai-nilai kehidupan, seluruh fungsi keluarga harus dapat dijalankan untuk mencapai keluarga yang berkualitas dan berkarakter sehingga bermuara pada kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Keluarga memiliki 8 (delapan) fungsi, yaitu agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial, pendidikan, reproduksi, sosial budaya dan lingkungan. Dengan menjalankan seluruh fungsi keluarga tersebut, maka diharapkan akan tercapai keluarga berkualitas dan berketahanan serta berkarakter yang nantinya akan menciptakan bangsa Indonesia yang sejahtera” harap bupati.

Diakhir sambutannya, wabup mengapresiasi atas prestasi yang  diraih oleh TP. PKK Kabupaten Sumedang sebagai juara ketiga Tingkat Nasional pada Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tahun 2019.

“Alhamdulillah prestasi itu patut kita syukuri. Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sumedang menyampaikan apresiasi kepada tim penggerak PKK Kabupaten Sumedang yang telah mendapatkan juara ketiga pada lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tahun 2019. Penghargaan ini akan diberikan oleh Ketua TP. PKK pusat pada hari kamis 4 juli 2019 mendatang di Banjarmasin Kalimantan Selatan” pungkasnya.

Upacara yang dihadiri Para Assisten, para Staf Ahli, Para pejabat Eselon II, III, IV, dan karyawan karyawati dilingkungan Pemkab Sumedang.   *AHS- Bakin Smdg