tilang elektronik diterapkan di jawa barat
bakinonline.com

Jawa Barat – bakinonline.com

Sejumlah wilayah mulai bersiap untuk menerapkan penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE). Selain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), provinsi lain yang juga bersiap untuk menerapkan tilang tanpa petugas adalah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Direktur lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk memulai menerapkan tilang elektronik. Eddy berharap, persiapan ini bisa selesai dalam bulan ini sehingga bulan Maret 2021 ETLE sudah bisa diluncurkan.

“Persiapan saat ini masih dalam proses, dan bulan ini bisa selesai sehingga bulan depan bisa diluncurkan,” kata Eddy kepada Media, Selasa (2/2/2021).

kata Eddy, persiapan yang dilakukan tidak hanya sebatas menyiapkan sarana dan prasarana pendukung ETLE saja. Melainkan juga mempersiapkan faktor pendukung pelaksanaan tilang elektronik seperti sumber daya manusia (SDM). Mengingat, penerapan terhadap pelanggar lalu lintas ini mengandalkan kamera pengawas dan tidak lagi petugas yang berjaga di jalan raya.

“Nantinya dengan adanya tilang elektronik ini tidak ada lagi petugas yang berjaga. Untuk perangkat lunak dan keras sudah dipersiapkan, termasuk memberikan pelatihan kepada petugas.” tuturnya.

Nantinya tilang elektronik ini belum bisa diterapkan di seluruh wilayah Jabar, melainkan hanya di beberapa lokasi yang dianggap sudah siap.

“Di beberapa daerah di Jabar sudah siap, tetapi ada daerah lain juga yang belum siap infrastrukturnya sehingga belum akan memberlakukan ETLE,” ucapnya.

Untuk sementara, tilang elektronik baru akan diterapkan di dua wilayah di Jabar seperti di Bandung dan di Cirebon. Sebagai pertimbangannya di dua wilayah tersebut memiliki infrastruktur yang sudah memadai untuk penerapan tilang elektronik.

“Utuk penerapan tilang elektronik akan diterapkan di Kota Bandung dan Cirebon, di jalan-jalan yang sudah dilengkapi dengan kamera pengawas,” tuturnya. Eddy juga mengatakan, nantinya penerapan tilang elektronik juga akan terus dikembangkan ke daerah lainnya di Jabar.

(adi/res.bkn/d)