Bandung – Bakinonline.com

Penyebab banjir yang terjadi di Kelurahan Pasirendah, kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Senin, 1 April 2019, dikarenakan jebolnya tanggul sungai Cijalopang di kelurahan Pasirendah.

Banjir ini merupakan kejadian yang pertama terjadi. Banjir separah ini belum pernah terjadi, pada waktu hujan deras terkena banjir tapi segera surut kembali, banjir berimbas ke beberapa titik lokasi antara lain SDN 106 Ajitunggal.

Trisnanda Kepsek SDN 106 Ajitunggal, tidakak menyanka kalau sekolahnya porak poranda oleh banjir. Debit air di sungai Cijalopang kemarin lebih besar dibanding saat hujan di tahun-tahun sebelumnya. Kondisi tersebut membuat tanggul menjadi jebol dan air meluap ke rumah-rumah warga. “Ini kejadian pertama kali air luar biasa besar,”  ujarnya.

Dari penelururan Crew Bakinomlene. Dugaan penyebab tanggul jebol bukan semata-mata karena hujan deras yang mengguyur, namun ada penyebab lain yang menyebabkan jebolnya tanggul tersebut. Diantaranya banyak pembangunan perumahan di atas yang kurang memperhatikan hamdal, sehingga resapan air sangat berkurang.

Akibatnya semua air hujan mengalir ke sungai Cijalopang dan sungai tidak mampu menampung debit air hingga air meluap dan berakhir dengan kejadian jebolnya salah satu tanggul di aliran sungai yang berakibat banjir di sekolahan dan pemukiman warga, hingga berimbas banjir dibawah, khusnya di Jl. Soekarno Hatta Gedebage yang selalu langganan banjir.

Diharapkan pemeritah dalam hal ini dinas terkait bisa segera mengatasi penyebab banjir yang sering terjadinya di kota Bandung bagian timur.   # Darjono- Bkn