Supan Komarudin, Kades Cintaratu Parigi, Preoritaskankan Pembangunan Jalan Protokol Menuju Objek Wisata di Desanya”
bakinonline.com

Pangandaran – Bakinonline.com

Desa Cintaratu Kecamatan Parigi memiliki area wisata alam Jojogan, luas wilayah sekitar 1.029 Ha dengan jumlah penduduk 3.677 jiwa dan jumlah Kepala Keluarga 1.371 , mayoritas penduduk mengandalkan sektor Pertanian.

Supan Komarudin, BA. Kepala Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Panggandaran, Jawa Barat mengungkapkan, mempreoritaskan pembangunan jalan protokol dalam penggunaan dana desa.

“Kami selalu menciptakan kondosifitas baik internal maupun eksternal, bersama masyarakat memuat program kerja membangun infrastruktur antara lain mebangun jalan protokol untuk memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian ke pasar atau sentral perdagangan desa dan mempermudah keperluan lainnya.’ Ungkap Supan.

“Dalam pembangunan desanya dengan anggaran yang bersumber dari dana desa tahap ke 2, diterapkan pada pembangunan jalan Gunung Tiga menuju area wisata Alam Jojogan Hill, jalan dengan lebar 2,7 meter, tebal 0,14 meter dan panjang 350 meter itu telah rampung dikerjakan dengan anggaran sekitar Rp 141 juta. Yang pelaksanaannya dikerjakan oleh TPK Desa dengan paket Karya Tunai sesuai peraturan yang telah di tetapkan. Selain itu dipembangun jalan Panglanjan, dengan panjang 405 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,14 meter, menghabiskan biaya Rp. 179 juta, pelaksanaan dikerjakan oleh poksinya sesuai peraturan” kata Supar kepada Yana, Crew media Bakin Pangandaran, Kamis (11/7/2019).

“Pembangunan Insfratruktur berupa jalan tersebut merupakan hasil musyawarah dan mufakat dengan masyarakat. Diharapkan jalan tersenut dapat bermanfaat untuk mastarakat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama terkait dengan wisata alam Jojogan, sehingga berbagai potensi masyarakat desa dapat dijadikan komoditi untuk menunjang kepariwisataan,” Supan menambahkan.

# Yana- Bakin Pgdrn