Temanggung – Bakinonline.com

Kabupaten Temanggung JawaTengah, terkenal dengan hasil bumi  dari pertanian masyarakat berupa tembakau dan kopi, dan berupakan salah satu pemasok bahan dasar untuk industry rokok di Indonesia,

Selain penghasil tembakau, Temanggung juga dikenal sebagai penghasil komoditi kopi jenis arabika, yang banyak ditanam di perkebunan tembakau di lereng gungung Sumbing dan gunung Sindoro, sebagai tanaman pendamping (tumpangsari). Yang juga berfungsi sebagai konservasi dalam upaya peningkatan kwalitas tembakau, dan mempunyai nilai tambah untuk para petani.

Untuk mempromosikan wisata di Temanggung dan sekalian memperkenalan produk unggulan tembakau dan kopi,  Pemerintah kota Temanggung dalam hal ini kantor Kecamatan Temanggung dan Bank Pasar Daerah Kabupaten Temanggung dan dinas terkait mengadakan acara “Ngopi Dan Nglinting Tembakau Bareng”  yang diselenggarakan di sepanjang jalan Jendral Sudirman sepanjang kurang lebih 300 m. dari depan Gedung BRI hingga Tugu Pancasila.

Suasana  nampak sepeti pasar malam tradisional yang penuh keakraban. Ngopi sambil menikmati Rokok TINGWE (Ngelinting Dewe) alias membuat rokok sendiri, sambil menikmati alunan langgam dari Orke Kumbang Mada Temanggung.

Disela sela acara tersebut Crew Media Bakin, menjumpai Eko Budi Hartono, SH. M.Si., (Camat Temanggung) yang akrab dipanggil dengan nama Pak Eko. bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan motivasi khususnya para petani tembakau dan kopi agar tetap berbudi daya tanaman tembakau dan kopi disamping  tanaman lainnya.

Eko menyampaikan, “Acara ini berkat kerja sama antara Kantor Kecamatan Temanggung dan Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Pasar Temanggung dan dinas terkait, dengan tujuan untuk menggalakan produksi kopi dan tembagai papan atas dari permintaan pihak luar yang melibatkan para petani. Sehingga ada nilai tambah khususnya bagi para petani tembakau dan kopi.”  Eko menyampaikan.

“Tamah tanah nganggur dapat dipergunakan sebagai bubidaya tanaman kopi dan tembakau, sehingga kesejahteraan masyarakat kabupaten Temanggung dapat ditingkatkan. Gunakan lahan pekarangan untuk berbudi daya walaupun hanya sejengkal.”  Eko menambahkan.  # Darjono