Sumarto, Kepala Desa Wonua Kongga, “Bangun Rumah RTLH dan Jembatan Untuk Desanya”
bakinonline.com

ANDOOLO – Bakinonline.com

Sumarto, SE.M.Si. Kepala desa Wonua Kongga, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memprioritaskan anggaran Dana Desa (DD) guna membangun jembatan di wilayah desanya, dengan menggunakan APBDes tahun 2019.

Ia menyampaiakan (Kades) kepada Crew media Bakin, “bahwa prioritas pembangunan di desanya mengacu pada peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015, tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Deda. Untuk dana desa tahun 2019 ini digunakan untuk membiayai pelaksanaan program kegiatan berskala lokal desa bidang Pembangunan Desa serta Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan membangun RTLH.” Ungkapnya, Rabu (16/7/2019).

Lebih lanjut, Sumarto menyampaiak bahwa program yang telah dan sedang dilaksanakan yaitu pembangunan RTLH, Drainase sepanjang 83 m, 1 unit jembatan dengan panjang 10 m. Yang semuanya sudah dimusyawarahkan dengan masyarakatnya.

Desa Wonua Kongga, dengan jumlah penduduk sekitar 377 jiwa dengan 91 kepala keluarga. Dan mayorotas mengandalkan pecjahariannya dengan hasil bumi berupa pertanian dan perkebunan.

Sumarto menambahkan, “Pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masuarakat yang telah dilaksanakan di desanya dengan menggunakan dana desa ini diharapkan dapat membatu kebutuhan masarakat dan dapat meningkatkan pola hidup yang lebih baik, menuju masyarakat sejahtera.” Pungkasnya.

#  Edison – Bkn Seltra