Soreang, bakinonline.com Salah satu Program Sabilulungan yaitu, Salamet Lancar Aman Nyaman (Sasalaman), direalisasikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung (Kadishub Kab. Bandung),  Zeis Zultaqawa, ST. MM., di Terminal Banjaran. Menurutnya kegiatan ini merupakan visualisasi Sabilulungan yang dicanangkan Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, untuk memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang. Bersih – bersih terminal Banjaran, Selasa (2/7/2019).

Ditambahkan Zeis, ada 9 titik terminal akan dilakukan kegiatan pembersihan dan penertiban terminal. Selanjutnya akan dilakukan di Terminal Soreang.

“Dengan bersih aman serta nyaman dia optimis bisa memberikan rasa tentram bagi semua pihak termasuk sopir angkutan umum.”

Crew bakinonline menyentil, bagaimana dengan adanya terminal bodong dan kamacetan.?

Pihaknya akan berupaya untuk tetap melakukan peningkatan kinerja agar bisa mengurai kemacetan. Zeis mengakui permasalahan terminal memang sangatlah komplek,  Ada berbagai permasalahan di sini, masalah  keamanannya, ketertibannya, sampah-sampah yang nyangkut di selokan (drainase).

“Peran aktif masyarakat pun sangat dibutuhkan. Seperti tertib berlalu lintas, tertib parkir kendaraan, juga tidak buang sampah sembarangan. Lingkungan bersih akan mrnciptakan nuansa aman dan nyaman. Apa lagi kalau tertib, jelas akan menguntungkan berbagai pihak,” tuturnya.

Untuk parkir disembarangan pun  dikatakannya akan segera dilakukan tindakan. Karena masalah itu bisa mengakibatkan kemacetan dan mengganggu pengendara lainnya.

“Intinya setiap permasalahan akan kita cermati serta di evaluasi dan akan dicari jalan keluar untuk mengatasinya.  Ini semua kita lakukan demi kepentingan masyarakat banyak,” jelasnya.

Dari Una, Kater Banjaran, diperoleh keterangan, “kami siap mendukung sepenuhnya program Pemkab Bandung khususnya Kadishub. Karena apa yang dilakukan sekarang semuanya berorientasi pada kepentingan semua. Lingkungan terminal bersih, tertib, lancar, maka akan tercipta kenyamanan.”

Di kesempatan yang sama, Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat, Hj. Nia Kurnia Naser, hadir pula di lokasi. Dia berharap,  “program ini bisa menjadi ikon bagi terminal lain untuk bisa menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan tertib, menuju Kabupaten Bandung bebenah terminal,” tuturnya.

Sebab, seadianya terminal diperuntukkan untuk angkutan umum.  “Semoga Terminal Banjaran bisa menjadi percontohan dan inspirasi bagi yang lainnya,” Hj. Nia mengharapkan.   * Q Agus- Bkn Kab. Bdg