Bandung, 16 Juni 2019 – www.Fwpb.com

Berawal dengan niat baik rekan-rekan dari Media/Pers mitra Polda Jabar untuk membentuk suatu wadah silaturahmi dan komunikasi sebagai sesame Pers. Maka dibentuklah wadah tersebut dengan nama FWPJ (Forum Wartawan Polda Jabar) dengan anggotanya terdiri dari kurang lebih 14 perwakilan media mitra Polda Jabar.

Dalam perjalannya telah mengalami pasang surut dan banyak tantangan yang harus dihadapi baik dari  internal maupun external, sehingga terkesan “FWPJ Ini Tidak Nampak Tetapi Ada” dan berjalan didalam bayang-bayangnya sendiri, untuk mencari secerah harapan.

Dalam mewujudkan rencana tersebut maka dilakukan reorganisasi pengurus dengan mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda Ke 1), pada tanggal 8 – 10 selama 2 hari, bertempat di lokasi wisata Panggangdaran, Hotel Grend Mutiara, jalan , dengan jumlah peserta sekitar 104 anggota yang terdiri dari perwakilan 42 media mitra Polda Jabar.

Dalam acara Rakorda tersebut telah terbentuk kepengurusan yang baru dan terpilih secara aklamasi, yaitu H. Lilik Maulama sebagai Ketua Umum FWPJ periode 2019 – 2022 dibantu dengan beberapa pengurus yang terdaftar dalam susunan kepengurusan.

Banyak yang harus dikerjkan oleh pengurus yang baru ini dari perubahan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (ADART), keanggotaan dan aspek hukum (legalitas) yang harus dipenuhi. Dengan dorongan  dan semangat pengurus/ anggota hingga saat ini telah tercatat sekitar 48 media metra Polda Jabar yang bergabung dalam FWPJ.

Untuk mempererat persatuan dan kesatuan, FWPJ mengadakan acara “Halal Bilhalal & Silaturahmi Bersama” pada hari Minggu, tanggal 16 Juni 2019 bertempat di Café KOPI KAMU. jalan Tamansari No. 66 Kota Bandung

Dalam acara tersebut dihadiri oleh pengurus dan anggota FWPJ, hadir pula dari PPHI (Persatuan Praktisi Hukum Indonesia) DPD-Jawa Barat.

Selanjutnya , H. Lily Maulana selaku ketua umum FWPJ dalam sambutannya menyampaikan, “ Perlu adanya persatuan dan kesatuan dalam menjalankan profesi Jurnalistik terutama sesame media mitra  Polda Jabar yang tergabung di FWPJ. Dalam kebebasan menyampaikan dan mengankat suatu berita harus jelas nara sumbernya, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.” Ungkapnya.

Lebihlanjut ia menegaskan. “Bahwa dalam melakukan liputan FWPJ tidak hanya terfokus pada pemberitaan satu lembaga atau dinas tertentu, diharapkan merata dan berimbang kepada lembaga/ institusi lainnya.”  Tegas ketua umum.

Dalam kesempatan yang sama, Lumban Sihobing  salah satu penasehat FWPJ, dalam sambutannya. “Hendaklah FWPJ yang terdiri dari beberapa media mitra Polda Jabar dapat bersatu dan menjaga kebersamaan dalam menjalankan tugasnya . Dan diharapkan FWPJ mendapatkan perlakuan yang sama dari Dinas-dinas  terkait.”  Ujarnya.

Dalam sambutan Asep Heriyuloh, SH. Yang akrap dengan panggilan Aher,  selaku Ketua PPHI (Himpunan Praktisi Hukum Indonesia) DPD Provinsi Jawa Barat.  “PPHI yang juga sebagai biro hukum PWJB mengajak semua anggota dan pengurus dalam menjalankan profesi jurnalis selalu memperhatikan rambu-rambu hukum dan tidak bertentangan dengan kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya.” Pesannya.

Lebih lanjut, “PPHI bersama FWPJ diharapkan bisa bersama-sama untuk mensosialisasikan hukum di Indonesia kepada masyarakat agar masyarakat peduli dan melek hukum, sehingga dapat bermasyarakat dengan baik dengan memperhatikan kaidah-kaidah hukum yang ada.” Aher menambahkan.

Terakhir Sudarjono, SE. selaku Ketua 1 PWJB dan mewakili beberapa Media menyampaikan. “Forum Wartawan Polda Jabar (FWPJ) diharapkan bisa mempersatukan anggotanya yang terdiri dari berbagai Media/ Pers mitra Polda Jabar, Dan segera dapat mensosialisasikan kepada Dinas- dinas, Lembaga dan institusi terkait. Sehingga mempunyai payung hukum yang jelas sesuai dengan peraturan yang ada. Diharapkan kehadiran FWPJ bisa diterima dan memang diperlukan, sebagai control social masyarakat yang mandiri, profesional dan independent.” Katanya.

Lebih lanjut ia menggariskan, “Yang lebih penting Forum Wartawan Polda Jabar (FWPJ) sesuai dengan namanya harus diketahui oleh Polda Jabar dan dapat bersinergi bekerja sama dalam hal pemberitaan yang benar-benar saling Memerlukan, Menunjang dan Menguntungkan. Sesuai dengan maksud dan tujuannya.”  Darjono mengakhiri pesannya dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan saling ma’af mema’afkan dengan saling bersalaman dan ramah tamah makan besama diiringin hiburan organ tunggal, yang sebelum nya telah diadakan Do’a besama yang dipimpin oleh Ganef Koswara selaku Sekretaris FWPJ.   * Ari – Bakin