Selamat Jalan Bapak BJ. Habibie. Namamu Akan Dikenang Sepanjang Zaman
bakinonline.com

Bandung – bakinonline.com

BJ Habibie dikenal sebagai presiden dengan masa jabatan terpendek, dari Mei 1998 hingga Oktober 1999. (kurang lebih 17 bulan).

Di bawah kepemimpinannya, Indonesia membuka seluas-luasnya untuk pendirian partai politik. Digelar pula pemilu yang dinilai sebagai pemungutan suara paling demokratis sejak tahun 1955.

Habibie sebagai presiden era reformasi yang mempunyai posisi sangat strategis dalam menentukan transisi demokrasi di Indonesia.

Beliau dengan tegas dan dengan sangat cepat melakukan perubahan yang membuat kondisi demokrasi Indonesia lebih solid, misalnya penghapusan undang-undang subversi, pembebasan tahanan-tahanan politik, kebebasan berbicara dan lain sebagainya.

Di tahun 1999, pemerintahan Habibie berhasil menelurkan undang-undang pemilu dan kelembagaan negara yang mengantar pada pemilihan umum yang demokratis untuk pertamakalinya di Indonesia sejak tahun 1955 yang diikuti oleh 48 partai politik.

Selain itu beberapa undang-undang penting  pagi insan pers, yaitu dilahirkan Undang-undang Pokok Pers yang membuat media di Indonesia menjadi salah satu yang paling bebas di Asia. Dan masih banyak perubahan yang dilakukan untuk bangsa dan Negara Indonesia.

Dengan gestur politik yang demikian, dia sebetulnya layak meneruskan memimpin Indonesia. Tetapi sayang sekali, mungkin dia “Seorang Pemimpin Yang Benar Tapi Hadir di waktu Yang Salah,”

“Media Bakin menyatakan Dukacita yang dalam, atas meninggalnya Presiden Ke- 3  Republik Indonesia. Beliau telah banyak mewariskan keteladanan bagi bangsa dan Negara Indonesia. Dan telah mengatarkan ke gerbang  transisi Demokrasi Negeri ini,-

Selamat jalan Bapak Prof, BJ Habibie semoga engkau ditempatkan di sisi Allah SWA. Namamu akan dikenang sepanjang zaman.”   Do”anya untuk Beliau.

# Sudarjono – Bakin