Bandung – bakinonline.com 

Penertiban Gazebo (saung) di Lapas Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung jadi dilaksanakan. Proses penertiban berlangsung hampir tujuh jam yang dimulai sejak pukul 17.30 WIB. Penertiban tuntas lebih dari pukul 00.10 WIB. beberapa waktu yang lalu.

Penertiban utama yaitu membongkar sejumlah 32 unit gazebo. Sedangkan penertiban kamar berisi barang mewah sudah dilakukan pada hari Minggu (22/7/2018) malam. Saung itu merupakan saung milik para narapidana yang dibangun dengan dana mereka sendiri.

“Hal yang kita lakukan adalah melakukan pembongkaran terhadap saung-saung yang memang tidak sesuai dengan peruntukannya,” ujar Plt Kakanwilkumham Jawa Barat Dodot Adikoeswanto, Rabu (25/7/2018).

Dengan dibongkarnya saung-saung tersebut, maka tidak akan ada lagi tempat eksklusif milik para narapidana. Tujuannya agar kedepan para narapidana berduit tidak lagi memiliki keistimewaan.

“Ini kita lakukan agar apa yang menjadi anggapan publik bahwa ada keistimewaan di dalam lapas ini, kita hilangkan. Ini sudah kita lakukan,” ucapnya.

“Tadi teman-teman media bisa lihat sendiri banyak sekali yang sudah kita keluarkan dan ini akan kita lanjutkan penertiban dan pembersihan. Besok masih akan kita lakukan pembersihan lagi,” jelas Dodot.

Puing-puing saung yang didominasi bambu itu pun sudah dibawa keluar lapas untuk dimusnahkan. Sedangkan barang lain yang sebelumnya ada di dalam saung seperti lemari, piring, gelas, dispenser, dan lain-lain akan dikembalikan kepada keluarga narapidana pemilik saung.

Sementara sebagai gantinya, kedepan akan dibangun tempat kunjungan yang representatif di lokasi. Tempat kunjungan itu akan digunakan oleh semua narapidana yang dibesok oleh keluarga atau kerabatnya.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan Dirjen (Pemasyarakatan Kemenkumham RI) kemarin, akan dibuatkan tempat yang representatif nantinya untuk kunjungan, dan itu akan digunakan untuk semua (narapidana).

Penertiban sendiri dilakukan dengan melibatkan puluhan petugas. Mereka dikerahkan dari berbagai tempat, mulai dari Lapas Banceuy, Polsuspas Purwakarta, dan dari tempat lainnya.

Dari pantauan Darjono, Crew Media Bakinonline, bangunan gazebo (saung) tersebut sudah sejak lama, dari jumlah beberapa unit hingga terakhir mencapai 32 unit saung, sehingga terkesan ada pembiaran dari pihak Lapas dan Dinas terkait. Disini terlihat jelas adanya perbedaan kelas Lapas dan adanya keistiwewaan bagi narapidana berduit. “Jadi tidak perlu ada yang kaget,” dengan adanya kawasan saung Lapas, di Lapas Sukamiskin Bandung. (Dedaksi Bakin)

# Baca juga, KPK Melakukan Penggrebekan Di Lapas Sukamiskin, Belum ada Efek Jera Bagi Koruptor” # bakinonline.com (19/07/2018)