bakinonline.com

Kab. Bandung – Bakinonline.com

Musibah bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sampai hari ini (  9/10/2019 ) dikawasan wisata Kawah Putih sudah melalap 15 hektare lahan, bahkan diperkirakan bisa merembet sampai luas 5 hektare , karena kami kondisi ilalang dan serasah yang tebal serta kondisi yang curam dan berbatu sehingga sulit dijangkau dan berbahaya.

Dan hal ini mendapat perhatian dari berbagai elemen , pihak Polda Jabar sejak hari Selasa ( 8/10/2019 ) sudah melakukan penanganan karhutla dikawasan wisata Kawah putih , ungkap Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wishnu Andiko. S.I.K.

Kami membuka 10 titik posko penanganan karhutla dan setiap pos diisi 11 personel gabungan, untuk mementau api dan melakukan pemadaman secara manual, ujarnya.

Kita menerjunkan 125 personel dari total 389 personel gabungan  bersama TNI, BPBD, Dinas Kebakaran, Pencinta lingkungan serta masyarakat sekitar, tambahnya.

Pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan elemen terkait , untuk meminta bantuan BPBN ( Badan Penanggulangan Bencana Nasional ) , dan rencana hari Rabu pemadaman akan dilakukan menggunakan Helikopter, lanjutnya.

Sampai saat ini pihak kepolisian juga terus melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hutan dan lahan dikawasan tersebut, kita dalami penyebabnya. tegas Kabid Humas Polda Jabar.

Selain pihak Kepolisian Karhutla ini mendapat perhatian juga dari anggota DPRD kabupaten Bandung , melalui komisi D , yang diketuai , Maulana Fahmi.

Peninjauan ini dilakukan pada Selasa ( 8/10/2019 ) bersama rombongan juga dari komisi B serta beberapa anggota fraksi di DPRD kabupaten Bandung.

Dikatakan Fahmi, ” Kami terjun, lokasi kejadian untuk meninjau langsung, karena ada kaitannya dengan bidang Komisi D, dilanjut Fahmi , Saya sangat mengafresiasi atas upaya pemadaman yang dilakukan pihak – pihak terkait, yakni Kepolisian, TNI, Dinas Kebakaran, relawan serta masyarakat sekitar.

Dan saat ini Upaya pemadaman sudah 80 persen , mudah-mudahan api segera dapat diatasi, karena dikhawatirkan merembet ke kawasan vital wisata Kawah Putih dan lokasi pemukiman penduduk, tuturnya.

Dikatakan Fahmi, ” Pihak dewan mendorong supaya pemadaman dilakukan melalui pesawat, karena kebakaran hutan di kabupaten Bandung terjadi dibeberapa titik, ungkapnya.

# Sulaeman