bakinonline.com

Bandung – Bakinonline.com

Hari Batik Nasional adalah salah satu hari perayaan nasional Indonesia, Pemerintah Indonesia telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Yang selanjutnya pada setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Sejumlah sekolah tingkat SD, SMP maupun SLTA di Kota Bandung mempunyai cara tersendiri dalam  ikut merayakan peringatan Hari Batik Nasional.

Terkait dengan Hari Batik Nasional, Sekolah Adiwiyata SD Asy- Syifa  1 Kota Bandung, yang beralamat di jalan Saturnus Timur No. 94 Margahayu Raya, Kelurahan. Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Menggelar pemperingati Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2019. dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba menggambar dengan motif batik, diselenggarakan di kelas masing – masing. Lomba menggambar ini diikuti oleh kelas 1 hingga kelas 6 (melibatkan semua siswa-siswi).

Dalam kesempatan ini Iyet Hayati, M.M.Pd. selaku kepala SD Asy- Syifa Kota Bandung kepada Crew Media Bakinonline menyampaiakan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kreativitas salah satu budaya daerah, melalui lomba  membatik diharapkan anak didik  khusnya siswa SD Ayi- Syifa akan lebih mencintai produk dalam negeri yaitu batik, apa lagi batik Indonesia sudah diakui dunia.” Tuturnya.

“Dengan peringatan Hari Batik Nasional ini diharapkan anak-anak akan lebih rapi dalam berpakaian dengan mengutamakan keindahan dan dan kesopanan,” ia menambahkan.

Demikian pula Ujang Sutisna, S.Pd. salah satu guru pengajar menyampaiakn, “Batik merupakan budaya asli Indonesia dan telah disahkan oleh Badan PBB- Unesco pada tanggal 2 Oktober 2009. Dengan Kepres No. 33 tahun 2009, Presiden menetapkan sebagai Hari Batik Nasional,” paparnya..

“”Lebih lanjut, “Tanggal 2 Oktober 2009 dipilih menjadi Hari Batik Nasional, di mana UNESCO menetapkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kebudayaan Manusia kategori Non- Benda,-

Akan tapi budaya membatik sudah ada sejak Indonesia sebelum merdeka dan merupakan warisan budaya dari leluhur secara turun menurun hingga sekarang dan diharapkan batik akan terus berkembang.” Ujang Sutisna mengakhiri percakapannya.

# Darjono- Bakin