“Satu Hari Menjelang Peringatan HUT Bhayangkara Ke- 73 di Monas Sudah Selesai”
bakinonline.com

Jakarta – Bakinonline.com

Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 besuk pagi akan diisi beberapa acara yang meriah. Nantinya akan ada peragaan terjun payung hingga drumband dari Polisi Wanita (Polwan).

“Semua kegiatan mulai upacara peringatan dengan inspekturnya Presiden Joko Widodo, kemudian dirangkai dengan peragaan terjun payung, ada rampak gendang gabungan TNI-Polri, ada flypass heli, kemudian ada juga drumband Akpol dan drumband Polwan,” ujar Ketua Umum HUT Bhayangkara ke-73, Komjen Condro Kirono, saat ditemui di Monas satu hari sebelum pelaksanaan, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Ada yang spesial kali ini dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-73, yaitu pemberian potongan tumpeng kepada dua polisi. Pertama adalah Ipda Tatang, Kanit lantas Polsek Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang menabrakkan sepeda motor dinasnya untuk mengganjal ban truk tronton agar tidak terjadi kecelakaan beruntun.

Lalu tumpeng yang kedua akan diberikan kepada Bripka Frans Yos Dumupa, yang selamat dalam penyerangan KKB ke Polsek Sinak, Papua. Kedua personel tersebut rencananya akan menerima potongan tumpeng langsung dari Presiden.

Kemudian akan dilanjutkan syukuran pemotongan tumpeng kepada dua anggota, yang satu dari Kalbar di mana pada saat kendaraan yang mundur dia mengganjal dengan sepeda motor. Kemudian yang satu lagi dari Papua, di mana pada saat membawa logistik pemilu mendapat serangan, dan dia selamat. Itu mereka yang menerima tumpeng dari Presiden,” kata Condro.

Selain penyerahan tumpeng, akan diberikan pula penghargaan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa TNI, dan kepala desa yang berprestasi di empat wilayah perbatasan Indonesia. Berjumlah 12 orang menerima penghargaan.

“Kemudian yang menerima penghargaan adalah itu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa. Jadi ada tiga pilar di desa itu desa-desa wilayah perbatasan Indonesia, baik yang perbatasan barat di wilayah Sabang, perbatasan timur di Merauke, di utara Miangas, dan dari selatan Rote,” kata Condro.

“Jadi empat wilayah perbatasan itu kita ambil Bhabinkamtibmas terbaik, Babinsa terbaik, dan kepala desa terbaik. 3×4 jadi 12. Ditambah yang juara nge-vlog sinergi TNI-Polri, baik TNI, Polri, dan masyarakat umum,” tambahnya.

Selain itu, “Yang spesial tentunya misalnya selama ini ada peragaan sepeda motor Polwan, yang belum kita tampilkan itu marching band Polwan,” tutur Condro.

Condro menambahkan, Kemudian drumband Akpol itu sinergi dengan Akmil, AAU, AAL, khusus stick master dan bass drum-nya bersinergi. Kemudian terjun payung ya bersinergi TNI-Polri membawa bendera Merah-Putih, TNI, Polri,” pungkasnya.

# Indra-Bkn Jkt