satgas penanganan covid-19 ......
bakinonline.com

Nasional – bakinonline.com

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan pemerintah dan pers Indonesia untuk menyampaikan informasi akurat terkait virus corona. Satgas berharap upaya itu dapat dilakukan sehingga kedua elemen dapat menekan kegelisahan warga di tengah wabah Corona.

“Saya berharap pemerintah dan pers Indonesia dapat terus bekerja sama memberikan informasi kepada masyarakat sebagai salah satu upaya mengeliminasi keresahan masyarakat di tengah masa pandemi yang sulit ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/2/2021).

Wiku menilai, masih banyak peredaran kabar burung alias hoaks di tengah masyarakat yang dikhawatirkan dapat membuat pemahaman keliru dalam upaya penanganan Covid-19.

“Saya berharap di tengah maraknya informasi simpang siur dan hoaks yang beredar seputar Covid-19, rekan pers dapat membantu pemerintah untuk menjadi sumber informasi terpercaya dan pada akhirnya membantu percepatan pengentasan pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan vaksinasi Covid-19 untuk awak media (wartawan) pada akhir Februari 2021. Dia menyebut wartawan jadi salah satu kelompok yang masuk gelombang pertama vaksinasi.

Jokowi sampaikan saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/2/2021).  ia mengatakan jatah vaksin untuk wartawan sedang diproduksi. Jatah untuk wartawan termasuk dalam 12 juta dosis yang sedang diproduksi PT Bio Farma (Persero).

Jokowi juga menegaskan pemerintah tetap menanti masukan dari pers dalam penentuan kebijakannya. Ia menuturkan, pers punya peran penting dalam pembangunan bangsa, ia juga berharap pers terus memberi masukan konstruktif pada pemerintah.

(ari/red.bkn/d)