bakinonline

Cimahi, 25 september 2017.

Ratusan Warga Buni Asri mendatangi kantor Pt.Ultra Jaya Milk Industri Tbk untuk berunjuk rasa menuntut adanya limbah pabrik yang memang pencemarannya mengganggu wilayah warga Buni Asri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Desa Gadobangkong, Cimahi, senin (25/9/2017) pagi ini.

Bau limbah pabrik perusahaan susu Pt.Ultra Jaya yang semakin hari kian menyengat sampai radius sekitar 1 kilometer ke kekawasan masyarakat Bumi Asri, Tidak hanya itu saja sampai suplai air yang diberikan ke warga pun mengandung limbah sehingga membuat banyak warga yang mengalami penyakit gatal-gatal.

Dikarenkan sudah merasa tersiksa dan sangat mengganggu pernafasan dari polusi udara dan aktifitas pelajar para murid di SD Bunisari akhirnya masyarakat Bumi Asri merasa keberatan dan berreaksi dengan mengadakan demo mendatangi pabrik Pt.Ultra Jaya. Aksi demo ini bukan pertama kalinya diadakan, sudah beberapa kali namun pihak dari pt.ultrajaya selalu tidak menanggapi demo tersebut .

Salah pendemo, Muhahad satori menuturkan “baunnya membuat sesak nafas, mual-mual, dan ingin muntah, Kondisi bau limbah ini sudah terjadi puluhan tahun dan tidak pernah hilang, warga dan murid-murid SD Bunisari yang berjumlah 765 siswa kini belajar sambil menahan bau busuk, perusahaan ini tidak perduli dan selalu ingkar, buktinya bau busuk limbah ini tetap terjadi puluhan tahun”.

Kepala Desa Gadobangkong Entis Sutisna mengakui hal tersebut, “malah akibat adanya bau limbah yang menyengat membuat pihaknya gagal meraih lomba posyandu tingkat kabupaten,Persoalan ini sudah lama dan membuat warga resah. Karena itu kami meminta pihak perusahaan memenuhi tuntutan warga terutama soal adanya bau busuk dari limbah pabrik PT.Ultra Jaya,” tegasnya.

Ratusan warga membawa berbagai spanduk protes, yang bertuliskan, waspada bau busuk limbah susu PT Ultra yang jadi penyakit, hentikan bau busuk, limbahmu lebih busuk dari susumu.

Akibat aksi demo ini membuat arus lalu lintas pun menjadi macet total, dan jalan masuk ke pabrik perusahaan susu Pt.Ultra Jaya diblokir warga sehingga banyak truk pengangkut susu berbalik arah. (TRC_Bakin Pers)