bakinonline.com

Kab. Bandung – Bakinonline.com

Sebanyak 46 orang perwakilan karyawan PT. Multi Star Rukun Abadi yang merupakan pabrik roti bermerek dagang Sharon, mendatangi Dinas Tenaga Kerja kabupaten Bandung, Senin (18/11/2019), rombongan diterima Mediator hubungan Industrial  Madya Syaker (Persyaratan Kerja) H. Endang.S. di dampingi Kepala seksi Persilihan Qodar Rusman Jamil.

Kedatangan kami ke sini merupakan upaya mencari solusi penyelesaian masalah, serta meminta petunjuk  pihak Disnaker untuk penyelesaian masalah  perusahaan dan karyawan, kata Syaeful Bahri yang merupakan perwakilan karyawan.

Pada kesempatan ini saya bersama karyawan lainnya, datang ke pihak dinas tenaga kerja, untuk menyampaikan permasalahan pihak kami dan pihak  perusahaan, kami menilai pihak perusahaan telah mencederai beberapa perjanjian dan kesepakatan yang telah dilakukan bersama, tetapi sampai saat ini pihak perusahaan tidak mengindahkan semua hasil perjanjian tersebut, ungkap Syaeful.

Kronologis dari permsalahan ini adalah, terkait masalah pengupahan serta masalah normatif hak-hak karyawan selama ini, pihak kami dari karyawan telah sepakat dengan bukti yang ditandangani pihak perusahaan, per tanggal 18/2/2019, yang isinya pihak perusahaan sepakat untuk membayar selisih upah terhitung tanggal 1/1/2019, dan pihak perusahaan sepakat untuk membayar tanggal 13/10/2019, tetapi kenyataannya sampai saat ini pihak perusahaan belum merealisasikannya, tuturnya.

Dan atas petunjuk dari Disnaker melalui mediator industrial madya Disnaker kabupaten Bandung,  H. Endang. S, kami diarahkan untuk menyampaikan semua permasalahan ini ke Balai Pengawasan Tenaga Kerja Disnaker provinsi Jawa Barat, kami berharap agar pihak pemerintah baik ditingkat kabupaten maupun provinsi dapat memberikan solusi didalam penyelesaian permasahan ini, harap Syaeful.

Bahkan sampai saat ini menurut Tata yang juga perwakilan dari para pekerja, Selama ini pihak perusahaanpun menerapkan jam kerja sampai 10-12 jam, dan itupun tidak ada perhitungan kelebihan jam kerja, dan saat ini pihak kami sebanyak 64 karyawan telah melakukan mogok kerja selama 4 hari, jelasnya.

Ketika hal ini dikonfirmasikan ke Disnaker ,dijelaskan H.Endang S, menurutnya, Karena tuntutan dari pihak pekerja sifatnya normatif tentang upah, oleh pihak kami dihimbau agar mereka datang ke Balai Pengawasan Ketenagakerjaan wilayah IV Provinsi Jawa Barat, yang mempunyai kewenangan dalam masalah tersebut, ucapnya.

  1. MSRA (Multi Star Rukun Abadi) adalah pabrik roti dengan merk dagang Sharon yang berlokasi di jalan Rancajinggang No. 180 desa Padamulya kecamatan Majalaya kabupaten Bandung.

# Red. – Bakin