PPHI JABAR AWARD, ”Bagi Mereka Berprestasi Bidang Hukum"

Bandung- Bakinonline.com

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah – Himpunan Praktisi Hukum (DPD – PPHI) Provinsi Jawa Barat, gelar acara ‘”PPHI JABAR AWARD” pada hari Kamis, 19 Desember 2019, bertempat di Saung Riung Panyileukan, jalan Soekarno Hatta No. 831 kota Bandung.

Dalam acara tesebut DPD PPHI Jawa Barat memberikan apresiasi dan penghargaan “PPHI Jabar Award” Kepada DR. Tengku Marphi Nusmir, SH. MH. yang juga selaku Ketua Umum DPP-PPHI. Penghargaan ini diberikan atas dasar penilaian dan pandangan atas gagasan, karya tulis dalam beberapa bukunya dan karya nyata terkait hukum di Indonesia.

Asep Heriyuloh, SH. Yang akrap dipanggil dengan sebutan Aher selaku Ketua Umum DPD-PPHI Jabar, memberikan ‘Award’ langsung kepada Tengku Marphi, yang sebelumnya telah dibacakan dahulu oleh Aher sebelum diserahkan.

Aher menjelaskan, “Pemberian ‘Award’ ini timbul karena dirinya meyakini bahwa PPHI akan lebih baik, khususnya dibawah kepemimpinan ketua umum Tengku Marphi. Kami selalu menyimak tulisan ketua tentang perhatiannya kepada negara, terkait dengan hukum di Indonesia. Dalam tulisannya, ada konsep yang sangat bagus, yaitu akan usulkan adanya peradilan maritim di indonesia. Sehingga konsep tersebut sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, “PPHI sebagai wadah berkumpulnya orang-orang yang memperjuangkan adanya penegakan kepedulian masyarakat terhadap hukum di Indonesia, dan sebagai pemperhati tentang kebijakan hukum publik, baik mulai dari pembuatan dan penerapan hukum (Making and Implementing of Law), dan atau penerapan undang-undang di masyarakat (Legal Development in The Community),” Aher menambahkan.

Sedangkan Tengku Marphi menyampaikan, “PPHI akan berkomitmen menempatkan hukum sebagai supremasi tertinggi di masyarakat dan hukum sebagai pedoman tertulis dalam mencapai keadilan. Kami  mendorong tujuan dan fungsi hukum agar ditegakan, sehingga hukum tidak hanya tajam ke bawah tapi keataspun harus tajam, sehingga hukum dapat diperlakukan secara adil dan benar,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Darjono Media Bakinonline menyentil,  “Negara Indonesia merupakan Negara maritim yang sangat luas, banyak terjadi kapal-kapal laut dari Negara asing masuk ke wilayah perairan Indonesia, ada yang melakukan pencurian ikan, penyelundupan bahkan memasok barang narkoba dan lainnya.”

Apa tanggapan PPHI terkait hal ini. ?

Tengku Murphi, “Negara Indonesia harus memiliki Undang-undang Pidana Khusus Kejahatan baik diiatas air maupun didalamnya. Harus dibentuk UU Komisi Pengawasan Kelautan Indonesia UU-KPKI), yang  terdiri unsur inter departemen-departemen dan non departemen. UU Pidana Kusus (Pidsus) kelautan sebagai fungsi hukum pidana umum dan khusus untuk menegagkan ketertipan dan melindungi hukum negara.”  Ia menegaskan.

“UU ini harus dimiliki oleh Negara kita yang harus segera diperlakukan kepada kapal-kapal asing yang masuk ke wilayah NKRI tanpa ijin, sehingga kejahatan diatas laut maupun didalam laut dapat dicegah.” Tengku Murphi menyampaikan.

# Darjono