new normal
bakinonline.com

Jakarta –bakinonline.com

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, penerapan new normal tanpa ada pengendalian yang baik akan memicu bencana virus corona (Covid-19) yang lebih besar.

“Belum saatnya melakukan relaksasi kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan mempersilakan masyarakat beraktifitas kembali secara normal,” kata Mardani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/5/2020).

“Akan ada potensi bencana lebih besar tanpa melakukan pengendalian dalam kebijakan ini,” tambahnya.

Mardani heran mengapa pemerintah berencana melonggarkan PSBB dan menerapkan era normal baru. Padahal, menurut dia, saat ini masih banyak penularan yang terjadi di masyarakat.

“Masih belum ada vaksin resmi ditemukan. Lalu kenapa pemerintah nekat melakukan pelonggaran? Sama saja dengan bunuh diri masal,” ujarnya.

Mardani mengatakan, seharusnya pemerintah mengedepankan aspek kesehatan dibanding ekonomi. Saat New Normal Serta membuat kebijakan pencegahan berdasarkan data ilmiah. Sebab, lanjut Mardani, ketidakpatuhan masyarakat terjadi peraturan yang tidak jelas.

“Ketidak disiplin masyarakat itu karena ketidak jelasan aturan, orang di larang ke mall tapi mall di buka, orang dilarang mudik tapi kendaraan boleh lewat, bandara masih dibuka,” ungkapnya.

“Ingat semua legacy ini akan jadi sejarah adanya rezim pemerintahan labil,” ujar Mardani.   (indri/bkn/jkt)