Jakarta, 23 Pebruari – bakinonline.com

Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) Mengadakan acara Peringatan Satu Tahun PPHI Ke I dan Pelantikan Kepengurusan DPD Daerah Provinsi dan DPC Kabupaten/ Kota Se- Indonesia. Bertempat di Hotel SAHATI,  jalan Taman Margasatwa No.  45 Jakarta Selatan, (23-24/2/2019).

Dalam acara tersebut dilaksanakan pendanda tanganan perjanjian kerja sama (MOU) antara Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM, Jakarta.

Crew Bakinonline dalam wawancaranya, “Dr. Tengku Nusmir Murphi, SH. MH. Selaku ketua Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) menghendaki penegakan hukum di Indonesia secara lebih baik lagi dan benar. Paparnya.

Lebih lanjut,  Dr Tengku Nusmir Murphi SH MH, kepada sejumlah media mengutarakan bahwa kehadiran PPHI kurang dikenal, selain Peradi atau lainnya.

“Perjuangan kita ini akan berat, maka dari itu kita tidak boleh bermain-main dengan hukum yang ada di masyarakat. Jangan hidup apatis sebagai penegak hukum,” ucapnya.

Penegakan hukum ini menurut Tengku, merupakan kristalisasi dari ilmu hukum dan ilmu lainnya. Dan tidak boleh dibeda-bedakan dengan disiplin ilmu lainnya.

“Selain memberikan kontribusi pikiran, PPHI diminta juga melakukan riset atau penemuan, bukan hanya kontrol sosial. Tegakan keadilan sekaliapun langit akan runtuh,” pungkasnya.

Dalam kesempatan lain, disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Kemendagri RI, W Sigit SH MH, bahwa pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat dalam penegakan hukum yang merupakan hak konstitusional, baik dalam Negara maupun Pemerintahan.

“Seperti PPHI ini juga telah turut serta dalam penegakan hukum di Indonesia. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi,” katanya saat diwawancarai.

Kemendagri kata Sigit, sangat senang banget dan menyambut sekali dengan adanya terbentuk dan lahirnya PPHI ini.

“PPHI ini bisa untuk mengoreksi dan memberikan kajian yang bisa disampaikan kepada pemerintah di tingkat daerah, sampai ke pemerintahan pusat. ” Sigit menambahkan.

Sekarang ini, menurut Sigit, ada problem hukumnya yang harus disikapi.

“Saya sangat setuju banget dengan MoU yang telah ditandatangani antara PPHI dengan STIH IBLAM. Ini akan mendorong potensi yang harus dimaksimalkan untuk masyarakat, terkait dengan masalah hukum tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, Sigit juga mendorong seluruh masyarakat untuk hadir mencoblos pada 17 April 2019 nanti, agar partisipasi pemilih tinggi.

“Ini akan menambah kepercayaan dunia luar akan lebih tinggi. Agar ekonomi tinggi. Supaya Indonesia diakui sebagai negara yang bagus di mata dunia,” Ujarnyanya.   # Darjono Bakin.