Bandung, bakinonline.com

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. oleh umat Islam khususnya di negara Indonesia diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Robiul Awwal Hijriyah.

Arti makna dan hikmah peringatan hari Mauid Nabi Besar Muhammad SAW.  sangatlah penting untuk dikaji, diteladani dan direnungkan agar dalam memperingati nya tidak hanya sebatas seremonial saja tetapi mengandung makna Filosofis – substantif yang dalam.

Kata maulid sama artinya dengan “Milad” bahasa Arab yang artinya kelahiran (hari lahir), peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. sudah menjadi tradisi untuk dirayakan setelah Beliau wafat, karena pada waktu Beliau masih hidup peringatan ini tidak pernah ada. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. pertama kali diadakan oleh Raja Irbal diwilayah bagian negara Irak pada sekitar abad ke tujuh (7).  Dan hingga saat ini tradisi peringatan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW.  tetap dilakukan dibelahan dunia termasuk di Indonesia, sedangkan Isra Mi’roj Nabi Muhammad SAW. jatuh pada tanggal 24 April 2017 dan ditetapkan sebagai hari nasional (libur). Darjono- Bakin