Bakinonline.com-Tolitoli. Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman Hi.Budding mengukuhkan Asosiasi Peternak Mandiri
(APMI) tolitoli bertempat di Aula Hotel Dini Fitri yang dihadiri, Dandim 1305/bt yang di wakili Umar Ali, sekertaris dinas peternakan dan perkebunan, tokoh masyarakat Mansur Pondang,Sh.Mh Arnold Camammang,Sh,Mh Dalam Mewakili Wakil Bupati Mengatakan organisasi asosiasi peternak mandiri (APMI) merupakan mitra pemerintah dengan demikian memudahkan pemerintah untuk mengetahui kendala yang di alami masyarakat, untuk itu asosiasi peternak mandiri (APMI) harus dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejatraan peternak/masyarakat itu sendiri serta dapat memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk digunakan mengembangkan usaha. Wakil Bupati Tolitoli mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi atas terbentuknya asosiasi peternak mandiri dan berharap penggurus yang telah di kukuhkan dapat melaksanakan tugas yang telah di amanahkan
Kondisi para peternak yang memprihatinkan sebab banyak peternak yang terancam gulung tikar/bangkrut, sehingga sangat berpengarahu terhadap kehidupan keluarga secara ekonomi karena kehidupan para peternak ini bergantung pada hasil penjualan ayam padahal potensi peternakan ayam khususnya ayam potong sangat menjanjikan bila dilihat dari kebutuhan masyarakat kabupaten Tolitoli, yang menkonsumsi ayam potong mencapai 25 – 30 ribu ekor/bulannya. Sementara peternak ayam yang menyiapkan pasokan ayam hanya kurang lebih 20 peternak, ironisnya peternak lokal masih banyak yang terancam gulung tikar. Hal inilah yang mendorong sesama peternak untuk saling peduli, sehingga lahirlah sebuah kesepakatan untuk membentuk organisasi yang di namakan asosiasi peternak mandiri/APMI yang bertujuan menumbuhkan rasa kebersamaan terehadap sesama peternak.
Asosiasi peternak mandiri (APMI) adalah organisasi independen kemasyrakatan dan merupak wahdah berkupulnya para peternak, pemasok dan pemotong serta penjual ayam di kabupaten tolitoli. Organisasi yang bergerak di bidang usaha penjualan ayam potong ini beranggotakan 31 orang yang di ketuai oleh Dg Kaseng, (Herniaty, Spd. Bakin korwil Sulteng).