“Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Malang Jawa Timur”
bakinonline.com

Malang – Balinonline.com

Pimpinan dan anggota Badan Pengawas Daerah (BPD) Wonodadi melakukan kunjungan kerja, studi banding ke desa Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Kamis (22/8/2019).

Dewi Lukitasari, panitia penyelenggara yang juga sebagai Biro Media Bakin Kabupaten Malang menyampaikan. Dalam acara tersebut rombongan BPD dari Wonodadi diterima langsung oleh Pj Kepala Desa Jedong, Setya Utomo, di ruang pendopo desa Jedong.

Dalam kesempatan itu Ketua Panitia, Agus menyatakan ada beberapa hal yang menarik di desa Jedong dalam pelaksanaan pilkades serentak. Partisipasi dan antosias masyarakat untuk ikut dalam menyukseskan pilkades sangat besar sekali.

“Kami panitia berterimakasih atas partisipasi masyarakat dan para pengsaha di desa ini yang telah ikut mensukseskan Pilkades, siapapun Kepala Desanya mudah-mudahan dapat menjalankan tugas dengan baik dan sebagai pimpinan yang amanah. Dan yang menarik disini adalah, calon Kades yang kalah akan mendapatkan dana sebagai ganti rugi” Ujar Agus..

Sunaryo, wakil ketua BPD Desa Jedong menyampaikan, beberapa anggotanya menjadi tim pengawas dalam pelaksanaan Pilkades. “Jadi panitia selalu koordinasi dengan kita dan bapak Pj kades,” tuturnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan Pilkades desa Jedong, dianggarkan dana untuk desa sebesar Rp 50 juta dari Kabupaten Malang. Dan dari partisipasi masyarakat sebesar Rp 34 juta.

Sedangkan dari Ketua BPD Desa Wonodadi, M Zaenal Arifin. “ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dalam kunjungan kerja ini, dan harapan kami semoga apa yang akan dan sedang berjalan dalam Pilkades di desa Wonodadi bisa berjalan aman dan kondusif. Dalam menerapkan Tata tertib Pilkades perlu hati hati karena sebagai kunci pelaksanaan Pilkades adapula aturan diatasnya,”. Paparnya

Carik Desa Jedong Wagir dan Arief Zein Ketua BPD desa Wonodadi serta Dewi akan medukung Kepala Desa terpilih dan akan bekerjasama dalam memajukan desanya dengan “ Menggali potensi desa” bersama masyarakat secara gotongroyong.

# Dewi – Bakin Kab. Malang