pelantikan pjs
bakinonline.com

Kab. Lahat – bakinonline.com

Pada hari Jum’at, tanggal 29 Mei 2020. Sumarno MSI. Camat Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Sematra Selatan remi melanti Pjs Kades Lesung Batu pukul 14.00 Wib. di kantor kecamatan, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Polres dan Koramil Kota Agung.

Pelantikan Pjs Kades Lesung Batu ini tidak banyak diketahui masyarakat, bahkan Radius Ketua TPID Mulak Ulu dan juga tokoh pemuda Desa Lesung Batu sangat menyesalkan pelantikan ini, karena terkesan tidak mempertimbangkan suara masyarakat. Pemerintah terlalu memaksakan keputusan yang terkesan dipaksakan.

Radius pempertanyakan, “Ada apa ini ?. Apakah benar untuk membangun desa atau justru ada kepentingan lai,” ujarnya.

Sementara Yediansyah Wakil BPD didampingi Hendro selaku Sekdes Menjelaskan kami selaku BPD dan perangkat desa sudah berupaya menyampaikan apa yang menjadi aspirasi keinginan masyarakat bahwa Pjs Kepala Desa diharapakan dari warga Desa, kami sudah sampaikan usulan hasil musyawarah desa ke Pihak Kecamatan, BPMD, bahkan kami sudah menemui Pimpinan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati. Rupanya usulan dan aspirasi masyarakat warga desa terkesan tidak digubris (diabaikan).

Yediansyah, “Dihawatirkan ini berpotensi terjadi penolakan oleh warga desa,” ujarnya

Sedangkan Darwin selaku tokoh masyarakat Desa Lesung Batu berkomentar, “Sangat tidak sesuai harapan kami selaku masyarakat, kami belajar dari masa lalu dan desa-desa lain yang bergejolak, seperti Desa Ulak Pandan di Merapi Barat, Desa Gunung Kembang di Kikim Timur dan desa-desa lainnya dikarenakan dipimpin Pjs Kepala Desa yang bukan dari desa dan bukan usulan dari masyawarah desa, berpotensi tidak jalannya roda pemerintahan dengan maksimal dikarenakan Pjsnya tidak begitu memahami karakter serta kearifan lokal desanya,” sesalnya.

(dwn/bkn/pale)