bakinonline.com

Purworejo – bakinonline.com

Akan segera di Buka, Pasar Pring di desa Sambeng, kecamatan Bayan, kabupaten Purworejo Jawa Tengah, saat ini sedang berbenah diri bersama masyarakat memanfaatkan kebun bambu (Papringan) untuk dijadikan bernuansa bambu, yaitu “Pasar Pring Sambeng”  (pasar tradisional)

Tuwekal kepala desa Sambeng, kecamatan Bayan, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah kepada Eny Crew media Bakinonline  dan juga sebagai Anggota Pecinta Alam Pumapala Stemba angkatan 10 menyampaikan. “Desa kami sedang berbenah diri, bersama masyarakat memanfaatkan kebun bambu (Papringan) untuk dijadikan Pasar Pring Sambeng (pasar  tradisional).” Katanya.

Rencananya pasar ini akan digunakan untuk menjajakan aneka kuliner khas desa dan juga hasil bumi dari desa setempat,  berupa produk-produk hasil kerajinan dari masyarakat desa Sambeng terutama hasil kerajinan yang menggunakan bahan dasar bambu. Dimana desa Sambeng adalah merupakan salah satu sentra industri kerajinan bambu yang ada di kabupaten Purworejo.

Dengan dibangunnya Pasar Pring Sambeng ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan sekaligus untuk melestarikan budaya jajanan pasar berupa makanan tradisional dan kerajinan rakyat.

Dalam kesempatan yang sama Ismail salah satu perangkat desa Sambeng menyampaikan, “Pasar yang berada di tengah rumpun bambu ini memberikan nuansa khas pedesaan yang sejuk, damai, penuh keakrapan. yang selalu mempertahankan tradisi dan kearifan lokal dan ini merupakan salah satu ciri khas yang unik Pasar Pring Sambeng yang dapat mengingatkan kita kepada pasar tradisional tempo doeloe (dulu),” Katanya.

Akmal Arrozi Iskandar SH.I. selaku sekretaris desa Sambeng membenarkan. “Iya,  betul, rencananya dibuka pada tanggal 13 Oktober 2019. untuk itu kepada masyarakat kabupaten Purworejo, khususnya warga desa Sambeng dan warga kecamatan Bayan untuk hadir dalam acara pembukaan pasar tradisional “Pasar Pring Sambeng,” jangan lupa bawa keluarga dan teman dekatnya.” Ajak pak sekdes.

# Eny- Bakin Pwrj