Jakarta, 17 Januari 2019 – bakinonline.com

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan belum ada rencana di internal kubunya untuk mengevaluasi hasil debat Pilpres 2019 tahap pertama.

Dahnil juga menilai penampilan Prabowo-Sandiaga dalam debat capres-cawapres 2019 sudah bagus sehingga belum perlu ada evaluasi.

Menurut Dia, “udah bagus sih menurut kami,” kata Dahnil di Hotel Bidakara usai Debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis malam (17/1/2019).

Dahnil juga mengklaim BPN belum menilai Prabowo perlu mengontrol emosinya saat mengikuti debat Pilpres 2019. Dia menambahkan, keputusan soal evaluasi diserahkan kepada Prabowo-Sandiaga.

“Kami tetap menyerahkan ke pak Prabowo dan Bang Sandi, aslinya memang kayak gitu,” kata Dahnil.

Saat debat capres 2019 berlangsung, Sandiaga sempat terlihat memijat pundak Prabowo sambil tersenyum ketika Ketua Umum Partai Gerindra tersebut tampak kecewa karena tidak mendapat waktu untuk menjawab pernyataan Joko Widodo.

Salah satu pernyataan Jokowi yang menyerang Prabowo, yaitu mengenai Partai Gerindra yang tercatat mengusung sejumlah caleg eks narapidana korupsi di Pemilu 2019.

Sementara Amien Rais menilai pernyataan Jokowi itu tidak cocok. Ia juga menanggapi pernyataan Jokowi soal ‘masa lalu bersih’, menurut dia dalam empat tahun pemerintahan Jokowi juga merupakan masa lalu yang menjadi beban nasional. Selain itu, ia menegaskan, Prabowo unggul dalam debat kali ini.

“Saya bangga dengan Prabowo, “ia tidak terpancing, tidak emosional sama sekali, bahkan Jokowi menuduh Prabowo, padahal itu masanya,” ujar Amien.

Debat Pilpres 2019 tahap pertama membahas topik hukum, HAM, korupsi dan terorisme serta terbagi dalam 6 segmen. Dua moderator dalam debat tersebut adalah Ira Koesno dan Imam Priyono.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk 6 panelis dalam debat capres-cawapres itu. Para panelis adalah Agus Rahardjo, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, Hikmahanto Juwana dan Margarito Kamis.     #  Darj – Bakin