“Munas Golkar Rencananya Akan Dibuka Oleh Jokowi Hari Ini”

Jakarta- Bakinonline.com

Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar digelar Selasa (3/12) hingga Jumat (6/12/2019) Salah satu agenda dalam Munas yang akan berlangsung selama empat hari ini adalah pemilihan Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024.

Sebanyak sembilan kader partai Golkar telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketum (Balon ketum) yang  proses pendaftaran telah ditutup pada Senin (2/12/2019) pukul 21.00 WIB.

Balon Ketum diantaranya adalah Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Achamad Annama, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarso, Derek Lopatty, serta Aris Mandji.

Dari 9 daftar balon-ketum,  Airlangga dan Bamsoet menjadi sosok yang paling banyak melakukan manuver politik. Kedua sosok itu kerap saling menyindir dan melemparkan isu ke publik lewat loyalis atau tim suksesnya.

Salah satu isu yang nampak antara Airlangga dan Bamsoet ialah terkait sistem yang akan digunakan dalam pemilihan Ketum Partai Golkar. Airlangga melemparkan wacana agar pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat alias aklamasi. Sementara, Bamsoet meminta agar pemilihan dilakukan dengan sistem pemungutan suara atau voting.

Munas Golkar kali ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 19.00 WIB hari ini di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan.

# Darj- Bkn