Bakinonline.com

Jakarta,  Bakinonline.com

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tak ada maskapai yang melayani penerbangan dari Indonesia menuju Arab Saudi terhitung mulai Jumat (28/2/2020) esok.

Hal itu merupakan buntut dari kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara visa umrah bagi WNI dan beberapa negara lain di tengah merebaknya wabah virus corona

“Jadi untuk besok itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi,” kata Budi di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Budi menyatakan merebaknya virus corona di Timur Tengah membuat otoritas pemerintah Arab Saudi tak akan menerima penumpang dari Indonesia sementara waktu. Ia menyatakan penerbangan ke Saudi dibuka untuk yang sudah terlanjur berangkat hari ini.

“Otoritas Saudi kan tidak menerima. Jadi jelas penerbangan tidak akan dilakukan lagi ke Saudi kecuali yang sudah terlanjur hari ini,” kata dia.

Budi meyakini pihak Arab Saudi sudah mengalkulasi dampak dan risiko dari kebijakan yang diambilnya.

Ia pun menyatakan pemerintah saat ini juga sudah mempertimbangkan untuk mengutamakan keselamatan para calon jamaah umrah asal Indonesia.  Hal itu dilakukan agar calon jamaah tak tertular dari virus corona usai melakukan umrah.

“Jadi memang pertama kali yang menjadi concern (perhatian) kami adalah safety (keselamatan). Safety supaya jangan sampai jamaah kita (Indonesia) itu tertular,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun media Bakinonlinr hingga Kamis (27/2/2020), virus corona telah menewaskan 2.801 orang dan menginfeksi 81.722 orang di seluruh dunia.

Dedi Efendi salah satu calon Jemaah umroh asal kota Bandung Jawa Barat sempat menayampaikan kekecewaannya kepada media Bakin,

“Saya dan istri dan dua anak sudah mendaftar jauh sebelum adanya musibah virus corona melalui biro perjalanan umroh di kota Bandung, saya dan keluarga yang rencananya akan berangkat tanggal 5 Maret 2020 besuk hanya bisa pasrah dan ambil hikmahnya, saya berdo’a agar niat keluarga dapat terlaksana,” Dedi berharap.

# Darj- Bakin