Majalengka, 29 Maret 2017 –  (Bakinonline.com)

Dari Catatan Redaksi bakin, “Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, direncanakan siap beroperasi Maret 2018.”  Persiapan pembangunan pun terus digenjot.  selain pembangunan sisi luar dan dalam bandara telah disiapkan beberapa akses jalan yang akan memudahkan untuk mencapai bandara.

Tuju akses jalan tol yang bisa terhubung dengan jalan ke bandara, yaitu : tol Cikampek-Palimanan dengan jarak 116 km dari bandara, Bogor Ring Road 11 km, Cikarang-Tj.Priok 34,5 km, Ciawi-Sukabumi 54 km, Ciamnggis-Cibitung 25,4 km, Depok-Antasari 21,7 km, dan Cileungsi-Sumedang-Dawuan 60,1 km,”

Dengan beberapa akses tol yang terhubung dan dengan jarak yang tidak begitu jauh, diharapkan bahwa bandara ini nantinya dapat menjadi pilihan masyarakat di sekitar Jawa Barat seperti Bandung dan Cirebon. Selain itu dipersiapkan juga akses jalan kereta api, dengan jalur dari Bandung-Kertajati dan dari Cirebon-Kertajati.

Priatin, Crew Bakinonline Majalengka melaporkan, pada hari Kamis, (29/3/2018) telah dilaksanakan monitoring giat penerbangan flight validation untuk mengecek kesiapan sistem navigasi Bandar udara dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan. Yang diharin oleh :
Dimas Virda (Dirut BIJB), Ruchiana VP Operation Angkas Pura ll, Widodo (Manager Humas BIJB), Restu Mulyadu (Kepala Avsec BIJB), Direksi Angkasa Pura ll Pemadam Kebakaran

Sebagai informasi, Penetapan Majalengka untuk dibangun Bandara Kertajati berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 34 Tahun 2005 tentang Penetapan Lokasi Bandara di Jawa Barat (diubah menjadi KP 457 Tahun 2012 tentang Penetapan Lokasi Bandara Baru di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat sebagai Pengganti KM 34 Tahun 2005 tentang Penetapan Lokasi Bandara di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat).

Selain itu, juga terdapat Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 5 Tahun 2007 tentang Rencana Induk Bandar Udara di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Akankah pengoperasian Bandara Internasional Kertajati di Majalengka Jawa Barat ini bisa terlaksana sesuai rencana, “ yang akan dioperasikan Maret 2018,” ?  (Redaksi Bakin)