bakinonline.com

Kab.Bandung – Bakinonline.com

Sebanyak 500 siswa tingkat SMP dari berbagai sekolah se-kabupaten Bandung, ikuti Citizen Journalist II tahun 2019 yang digagas IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Wilayah Jawa Barat, berkejasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Bank BJB, Indonesia Power UP Saguling, Alfamart serta Summa recon, yang digelar Sabtu (28/9/201 ). di Graha Arjasari, desa Arjasari Banjaran. Acara dibuka Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bandung, Maman Sudrajat.

Dengan topik bahasan “Dampak Penggunaan Dan Etika Dalam Berkomunikasi Melalui Media Sosial Dikalangan Pelajar Serta Menjaga Lingkungan Dikawasan Citarum,” dengan nara sumber Dan Sektor 27 Citarum Harum, Kolonel Infantri Yusep Sudrajat, Muji Prayitno dari MNC Group, Didi Mainaki dari RRI dan Wisma Putra dari Detik.com.

Kepala Bidang SMP, Disdik Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat, dalam keterangan kepada awak media yang hadir, menjelaskan, ” Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan akan kontinyu dilaksanakan dan Insyaallah Dinas Pendidikan akan selalu mendukung, apalagi pada kegiatan Citizen Jurnalis ini ada bahasan pokok masalah program Citarum Harum yang dibahas oleh pakarnya, mudah-mudahan anak siswa kami dapat menyampaikan pada kawan-kawannya dan masyarakat dilingkungannya.

Sementara Dan Sektor 21 program Citarum Harum, Kolonel Infantri Yusep Sudrajat, mengatakan,” Saya berterimakasih atas undangan rekan- rekan dari IJTI penyelenggara kegiatan ini, kegiatan Citizen Journalist ini harus dilanjutkan secara kontinyu, karena kerja sebesar apapun tanpa disebarkan oleh media sosial , tidak akan terdengar oleh orang, tetapi pekerjaan sekecil apapun tapi kalau kita ikhlas dan benar serta disebarkan media yang luarbiasa, itu akan terasa dan diketahui masyarakat luas.

Dilanjutkan Yusef, ” Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup strategis, karena pesertanya masih tingkat SMP, dengan masukan positif akan mudah dicerna oleh mereka dan mudah-mudahan ini bisa  terbawa sampai mereka dewasa,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini mudah-mudahan marwah program Citarum Harum dengan landasan Peraturan Presiden no.15 tahun 2018 dapat terwujud untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat, pungkas Yusef.

Keinginan memberikan pemahaman dan edukasi tentang kewartawanan dan sudut pandang dengan memberikan berbagai tekhnik cara peliputan serta pengambilan gambar dalam kejournalisan serta pemahaman program Citarum Harum bagi para siswa peserta Citizen Journalist, demikian dipaparkan Ketua panitia pelaksana kegiatan Citizen Journalist, Ryan Agustian,

Dan Ryanpun  berharap dari kegiatan ini, para peserta menjadi bijak dalam menggunakan sosial media agar tidak sembarangan dalam memposting, dan sharing sebelum share, serta dapat memberikan edukasi kepada kawan-kawannya serta keluarga dan lingkungannya.

# Sulaeman – Bkn