Bandung, bakinonline.com

Isu adalah merupakan berita yang tersebar di tengah masyarakat yang belum tentu benar tapi tidak semuanya salah, isi isu kebanyakan berkaitan dengan masalah ekonomi, social, politik, budaya, sara dan lainnya.

Terkait dengan Undang Undang ITE masyarakat agar lebih berhati-hati, ¬†jangan terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas asal usulnya, apalagi ikut menyebarkan walau hanya iseng-iseng me- retweet, copy paste itu sudah termasuk pelanggaran ITE atau pidana, kalau isinya tidak benar atau fitnah, ¬†“Hoax”.

kita mencoba menganalisa isi beritanya apa, siapa yang mengirim dan apa maksud dan tujuannya, sehingga kita tidak terjebak atau ikut menyebarkan berita kalau sekiranya berita tersebut diragukan kebenarannya.

Tapi dengan diperlakukan Undang Undang ITE masyarakat tidak perlu takut untuk menyampaikan pendapat dimuka umum selama pendapat atau temuan berita tersebut akurat dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, karena Undang Undang ITE bukan bertujuan untuk membungkam atau menakut-nakuti masyarakat, tapi Undang-undang ITE juga untuk melindungi masyarakat dalam menggunakan media elektronik supaya digunakan sesuai fungsinya secara benar dalam penyampaian informasi dan komunikasi dengan cepat.

Hak dan peran serta masyarakat masih sangat diperlukan di negara Indonesia dengan tujuan untuk mengawal penyelenggara negara agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar serta ikut menciptakan pemerintah yang bersih dan berwibawa dalam mensejahterakan masyrakat secara adil. (Darjono-Bakin).