Bakinonline.com

Bakinonline.com – Sebagai bentuk antisipasi, anggota DPRD Kabupaten Malang.  Tantri Bararoh kembali  mengingatkan bahwa pola penyebaran virus corona semakin sulit di prediksi.

“Saya himbau agar setiap kades dan perangkatnya mengajak masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih dan memperketat pengawasan untuk menghadapi lonjakan pemudik dari kota ke desa-desa,” ujar Tantri Bararoh saat melakukan monitoring pencegahan covid-19 di Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, dengan didampingi kepala desa sumber putih “Bambang Purnomo Senin (13/04/2020).

Menurutnya, menghadapi kemungkinan terburuk jelang lebaran, dimana mudik adalah suatu kebiasaan bagi masyarakat, khususnya bagi umat Islam Indonesia. Yang akan berpotensi sebagai penyebaran virus corona.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan sangat dibutuhkan peran seluruh pihak dalam mencegah terjadinya penyebaran wabah corona, mulai dari tingkat pusat, daerah hingga desa.

“Desa harus mempersiapkan diri, kepala desa dan perangkatnya beserta satgasnya juga harus dibekali kemampuan sosialisasi kepada masyarakat menghadapi virus corona. Setiap perantau yang datang dari luar kota ke desa wajib diawasi dan dilaporkan atau segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” ujar Tantri, sapaan akrabnya.

Doktor lulusan Universitas Brawijaya itu juga menghimbau masyarakat desa agar mematuhi peraturan pemerintah untuk bekerja di rumah dan melakukan physical distancing hingga membatasi perjalanan ke luar daerah.

“Saya berharap dengan bantuan seluruh stakeholder, dengan adanya sinergitas seluruh elemen dapat memutus rantai penyebaran covid-19 di desa-desa yang ada di Kabupaten Malang,” papar Tantri.

Secara khusus Tantri juga menghimbau kepada Bambang Purnomo selaku Kepala Desa Sumber Putih untuk meneruskan himbauan tersebut kepada penduduk desanya.   (Dewi- Mlg)