kesehatan covid-19
bakinonline.com

Madura – bakinonline.com

Menko Polhukam Mahfud MD,  mengkampanyekan protokol kesehatan dibeberapa pondok pesantren (Ponpes) di Pulau Madura.

Salah satunya adalah di Ponpes Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Minggu (4/10/2020). Mahfud Md bertemu dengan para kiai dan ulama sekitar dalam Kampanye Protokol Kesehatan dan Sarasehan.

Mahfud MD datang langsung ke pondok pesantren Annuqayah bertemu dengan para kiai dan para santri. Mahfud mengaku paham betul peran kiai di kalangan masyarakat Madura.

“Kiai memegang peran yang amat penting tidak hanya di pondok, tapi di juga di kalangan masyarakat, khususnya di Madura. Sebab dengan ketokohan, teladan, serta ilmu yang dimiliki, santri dan masyarakat Madura pada umumnya tunduk dan patuh pada kiai,” kata Mahfud Md.

Mahfud menegaskan, para ulama dan tokoh masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kesadaran masyarakat, agar tetap mematuhi ajakan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

Mahfud berharap, pondok pesantren yang didirikan KH Moh. Syarqawi pada tahun 1887 ini bisa menjadi contoh dan garda terdepan dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di pulau Madura.

“Saya yakin, para kiai, ulama dan enam ribu lebih santri di sini bisa patuhi protokol kesehatan,” harapannya.

Setelah bertemu denganh para ulama dan santri di Ponpes Annuqayah, Mahfud, melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Al Amien, Prenduan, Sumenep.   (yuni/bkn/mdr)