Bandung, 30 September 2017  (bakinonline.com)

Tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H. merupakan awal tahun kalendar Islam yang jatuh pada hari Kamis tanggal 21 September 2017 Masehi (Nasional).

Di bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar. Ada banyak kemuliaan yang diberikan Allah SWT.dibulan Muharram ini,  yang diharamkan untuk berperang. Sangatlah tepat untuk melakukan beberapa amalan, banyak sekali kebaikan yang akan diraih oleh kaum muslim.

Tiga (3) amalan yang dapat dilakukan di bulan Muharram agar dapat meraih pahala di sisi Allah SWT. Antara lain :

  1. Berpuasa Sunah Asyura                                                     Selain puasa dibulan Ramadan, puasa yang paling utama adalah saat bulan Muharam. Ini sesuai      dengan hadits berikut : “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yaitu Muharram.
  1. Sholat Yang Paling Utama                                              Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (H.R. Muslim  (11630) dari sahabat Abu Hurairah radhiyallohuanhu).
  1. Menyantunin Anak Yatim                                           Menyantunin  anak yatim memang tak perlu menunggu buan Muharram, namun bila dilakukan di hari Asyuro (10 Muharram) maka Allah akan mengankat derajatnya.

“ Siapa yang mengusapkan tangannya pada  kepala anak yatim, di hari Asyuro’ (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.”

Bertepatan dengan datangnya bulan Muharram 1439 H. Ikatan Remaja Masjid  RW. 12  Kel. Manjahlega, Kec. Rancasari Kota Bandung (DKM masjid Al Hikmah, DKM masjid Ummatul Ikhlas dan DKM masjid Nurul Fallah) dan masyarakat mengadakan acara Malam “ LEBARAN YATIM MUHARRAM 1439 H “  dengan tema : Menjalin Ukhuwah Islamiyah Dengan Mencintai Dan Menyantunin Anak Yatim.

Dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram diawali dengan pawai obor dan lampu lampion, dengan berjalan kaki melalui beberapa komplek di Margahayu Raya Bandung dan berakhir di lapangan Blok. K di Saturnus Tengah, yang dilanjutkan pada acara puncak pada 10 Muharrom 1439  H.

Apa arti Lebaran Yatim tanya Tim Liputan Bakin Online : “ Lebaran Anak Yatim dengan maksud untuk menyenangkan/ menggembirakan, mengankat derajat dan menghibur anak-anak yatim sekaligus memberikan bingkisan atau bantuan yang dapat memberikan semangat dalam mencapai cita-citanya “ Ujang Sutisna selaku ketua panitia memaparkan, ” dan pada tahun ini ada 30 anak yatim dan piatu, Ujang Sutisna menambahkan. Diwakili oleh 6 anak putra dan putri untuk menerima bantuan secara simbolis.

Peringatan 10 Muharram 1439 H. dilaksanakan di dua (2) tempat dipusatkan di masjid Nurul Fallah  dan halaman masjid Ummatul Ikhlas, selain hiburan kreasi anak-anak Remaja masjid juga dakwah oleh Ustadz Acep Amin dengan mengulas Akna Malam 10 Muharram dan pentingnya peremajaan pengurus Ikatan Remaja Masjid yang akan berganti secara istafet. (Darjono-Bakin)