Sebagaimana telah dirilis pada media bakin……..dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah maka diperlukan adanya investor ke daerah tersebut, namun terkadang dengan kewenangan yang diberikan kepada bupati untuk ………kan izin lokasi sebagaimana yang di atur dalam PP. No 38 Tahun 2007, tentang pembagian kewenangan antara pemerintah, pemerintah daerah propinsi dan pemerintah daerah kabupaten kota sesuai dengan kewenagannya, maka bupati tolitoli menerbitkan izin lokasi perkebunan budidaya karet dan sengon dengan surat keputusan bupati tolitoli N : 188.45/247.19/KPPT tertanggal 7 juli 2010, yang di tanda tangganu Moh. Ma’ruf Bantilan, dalam surat keputusan tersebut menetapkan izin lokasi budidaya tanaman karet dan sengon atas nama PT. Total Energi Nusantara di kec. Lampasio, Kec. Basidondo dan, Kec. Ogodeide, pada butir ketiga dalam surat keputusan tersebut menegaskan : Apabila dalam waktu 1 (satu) tahun tidak melakukan kegiatan ……….budidaya tanaman karet dan sengon dengan masa berlaku izin lokasi selama 2 tahun secara nyata dilapangan terhitung sejak tanggal di tetapkan, maka izin lokasi ini dapat dicabut sebelum jangka waktunya berakhir, dan keputusan ini dinyatakan tidak berlaku lagi. PT. Total Energi Nusantara, hingga berakhirnya izin lokasi pada tanggal 7 Desember 2012, belum melakukan……………lahan sedikit pun (perolehan tanah nihil). Namun apa yang di tetapkan dalam Surat Keputusan Bupati pada butir ke 3 (Tiga) tersebut tidak dilaksanakan oleh pemerintah daerah kab.tolitoli, hal ini di sinyalir dengan pergantian bupati, disebabkan sejak tahun 2011 pucuk …………….tertinggi di kabupaten tolitoli telah berpindah tanggan dari Moh. Ma’ruf Bantilan ke Moh. Saleh Bantilan hinga terjadi berobahan kebijakan
Hasil Penelusuran Tim Bakin Korwil Sulteng, per 28 desember 2012, Bupati tolitoli menerbitkan izin perpanjangan lokasi berdasarkan keputusan bupati tolitoli No. 246 Tahun 2012 tentang pemberian perpanjangan izin lokasi selama 24 Bulan (2 Tahun) dengan ketentuan tidak dapat di perpanjang lagi. Surat keputusan no. 246, dengan :
Keputusan menteri negara agraria / badan pertanahan nasional no. 22 tahun 1933 tentang petunjuk pelaksanaan pemberian izin lokasi, huruf f butir 1 : perpanjangan izin lokasi di berikan 1 (satu) kali untuk jangka waktu 12 ( dua belas ) bulan.
Peraturan menteri negara agraria no. 2 tahun 1999 tentang izin lokasi pasal 5 ayat 2 : peralihan tanah oleh pemegang izin lokasi harus di selesaikan dalam jangka waktu izin lokasi. Pasal 5 ayat 3 : apabila dalam jangka waktu izin lokasi sebagaimana di maksud pada ayat 1 perolehan tanah, maka izin lokasi dapat di perpanjang jangka waktu selama 1 tahun, apabila tanah yang sudah dibebaskan mencapai lebih dari 50% dari luas tanah yang ditunjuk dalam izin lokasi.
Berdasarkan salah satu pemerhati lingkungan yang tidak mau di sebut namanya, hingga april 2014, menurut pengamatannya tidak ada aktifitas secara teknis maupun administrasi dari perusahaan total energi nusantara dengan perkaraan lain, kegiatan di lapangan nihil, padahal masa perpanjangan izinlokasi selama 24 bulan sudah hampir berakhir. …………… pemerhati lingkungan, seiring berjalannya waktu pada tanggal 24 April 2014 terjadi perobahan kepemilikan atas PT. Total Energi Nusantara dari Antoni Surianto Selaku direktur utama ke sdr. Ichsan Hanapi. Perubahan kepemilikan ijin di ikuti dengan perubahan kebijakan perusahaan dari sebelumnya budidaya tanaman karet dan sengon menjadi perkebunan sawit perubahan kepemilikan ijin bertentangan dengan SK izin lokasi yang di miliki , dimana secara tegas disebutkan bahwa izin dan peruntukan lahan dapat di pindah tanggankan.
Dengan perubahan kebijakan perusahaan tersebut, bupati tolitoli menertibkan surat keputusan no. 525/123. 17 / disbun. Tanggal 30 juni 2014 tentang persetujuan jenis tanaman dari sebelumnya tanaman karet dan sengon menjadi tanaman sawit.
penerbitan persetujuan Bupati Tolitoli No. 525/123.18/Disbun tersebut bertentangan dengan peraturan mentri pertanian RI No.98/Pemerintah/01.140/9/2013 tentang pedoman perizinan usaha perkebunan, pasal 33 ayat 2. menjelaskan untuk mendapatkan persetujuan perubahan jenis tanaman.
Pemohon menunjukan permohonan secara tertulis di lengkapi dengan persyaratan
a.IUP-B atau IUP serta SK HGU
+.Hasil Penilaina usaha perkebunan berdasarkan peraturan mentri pertanian tentang penilaian usaha perkebunan.
pada kenyataannya hingga berita ini dibuat PT. Total Energi Nusantara belum memiliki SK HGU. Hasil penilaian usahan perkebunan tidak pernah ada, Karena Tim Penilai pekebunan untuk PT. Total Energi Nusantara tidak pernah terbentuk, sebagaimana diatur dalam peraturan tentang penilaian usaha perkebunan.
lanjud pemerhati lingkungan sejak di terbitkannya izin lokasi per 7 juli 2010, hingga berakhirnya masa berlaku perjanjian izin lokasi per desember 2014 bahwa PT. Total Energi Nusantara yang belum mencapai 25% dari luas izin lokasi yang di miliki pada tanggal 30 juni 2015, Bupati tolitoli mengeluarkan izin lokasi yang baru untuk PT. Total Energi Nusantara melalui surat keputusan bupati tolitoli No. 278 Tahun 2015. tentang izin lokasi perkebunan budidaya tanaman karet, sengon dan kelapa sawit atas nama PT. Total Energi Nusantara melalui Pola inti dan kemitran antara kelompok tani masyarakat di kec. Lampasio dan Kec. Basidondo Kec. Tolitoli Provinsi Sulteng.
Seharusnya SK bupati no.278 Tahun 2015 tsb, bukan……. merupakan pemberian izin lokasi yang baru, tapi sudah merupakan pencabutan IUP sebagaimana di atur dalam………. Negara Agraria/ Kepala BPN No. 2 Tahun 1999 tentang izin lokasi pasal 5 ayat …. : Apabila Perolahan tanaman tidak dapat di sesuaikan dalam jangka waktu izin lokasi termasuk perpanjangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (3) maka bidang-bidang tanah yang sudah diperoleh dilakukan tindakan sebagai berikut :
Dipergunakan untuk wadah……….
Dilepaskan kepada perusahaan atau pihak lain yang memenuhi syarat.
Lika-liku sejak terbitnya terbitnya izin lokasi perkebunan Total Energi Nusantara tahun 2010 hingga terikatnya izin lokasi yang baru per 30 juni 2015, Lanjut pemerhati lingkungan pada Tim Bakin Skorwil Sulteng, menimbulkan praduga tidak bersalah, Apakah Ada Kong Kali Kong dalam penerbitan izin tersebut ? Atau ada penyalah Gunaan Kewenangan yang dilakukan oleh……………..dalam Undang – undang karena hal yang sama terjadi pada PT. Citra Mulia Perkasa yang ada di Kab. Tolitoli. Jawabannya mari kita tanya Rumput yang bergoyang sebagaimana Syair lagu Ebit G. Ade.(Tim bakin Korwil Sulteng)