Bakinonline.com

Kab. Bandung- Bakinonline.com

Mewabahnya virus Corona yang berawal dari negeri Tirai Bambu, yang ditenggarai berasal dari kota Wuhan dan telah merenggut banyak korban, virus ini menyebar dengan cepat melalui kontak antara manusia dan hewan juga manusia dengan manusia, dan virus ini menyerang manusia yang  mengakibatkan gejala pneunomia Wuhan atau Pneumonia China yang dapat menyerang sistem pernapasan yang mengakibatkan rusaknya paru – paru dan dapat merenggut jiwa.

Didalam upaya mengantisipasi menyebarnya virus Corona, ke wilayah kabupaten Bandung Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, mendesak agar pemerintah daerah kabupaten Bandung segera membentuk tim gabungan khusus untuk tindakan preventif agar penyebarannya tidak memasuki wilayah Kabupaten Bandung, demikian dikatakan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Maulana Fahmi ketika dihubungi di ruang kerjanya, Kamis ( 30/01/2020).

Menurut Fahmi, hal ini menjadi skala prioritas pemerintah daerah, untuk segera membentuk tim gabungan, yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Budaya, agar dapat menyangkal masuknya para turis ke  wilayah Kabupaten Bandung dengan leading sektor Dinas Kesehatan, ungkapnya.

Dilanjut Fahmi, Dinas Ketenagakerjaanpun harus berperan didalam pengawasan masuknya tenaga kerja asing, apalagi saat ini diwilayah Kabupaten Bandung sedang dilaksanakan pengerjaan proyek kereta cepat yang dilaksanakan PT. KCIC ( Kereta Cepat Indonesia Cina) yang notabene banyak menyerap tenaga asing asal negeri Cina, dan hal ini harus menjadi prioritas pengawasannya bagi Disnaker, ujar Fahmi.

 Dan Dinas Industri dan Perdaganganpun harus turut berkontribusi didalam pengawasan distribusi barang – barang yang masuk ke wilayah Kabupaten Bandung, hal ini menjadi tugas bagi Disperindag, karena saat ini disinyalir masuknya produk buah – bahan dan berbagi komoditas lainnya dari luar, jelas Fahmi.

Selain itu peranan Dinas Perhubungan juga harus berperan aktif menyeleksi kedatangan para turis asing yang masuk melalui jalur darat, apalagi daerah kabupaten Bandung menjadi tujuan wisatawan lokal maupun dari mancanegara, terang Fahmi.

Dikatakan Fahmi, diantara beberapa dinas tersebut harus saling berkoordinasi, didalam upaya pencegahan preventif masuknya virus mematikan tersebut ke wilayah Kabupaten Bandung, sehingga apabila terjadi susfec dapat segera ditanggulangi.

Dinas Kesehatan sebagai leading sektor harus dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait gejala – gejala dari virus Corona ini juga mata rantai penyebarannya, sehingga masyarakat akan tahu langkah – langkah preventif yang harus dilakukan, pungkas Fahmi.

# Sulaeman