menteri tak layak kerja akan di ....
Kinerja Menteri Kontroversi & Tak Berprestasi Layak Untuk Diganti

Oleh : Ujang Komarudin (Pengamat politik)

Jakarta – bakinonline.com

Presiden Joko Widodo dikabarkan siap merombak kabinetnya. Ada enam pos kementerian yang diisukan akan segera diganti.

Pengamat politik, Ujang Komarudin menilai, beberapa pos menteri bisa dirombak karena bikin kontroversi dan tidak berprestasi.

Dia menyebutkan pos kementerian itu adalah Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Perdagangan, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri UMKM. Selain pos Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan yang akan diisi orang baru menggantikan pejabat yang telah ditangkap KPK terkait dengan kasusnya.

“Kalau kita lihat kinerja menteri yang kontroversi dan tak berprestasi. Ada beberapa pos menteri yang bisa saja dirombak Jokowi. Seperti Menteri Kesehatan, Menag, Mendikbud, Menkumham, Mendag, Menaker, dan Menteri UMKM,” kata Ujang kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

“Menteri-menteri tersebut dianggap tak memuaskan publik dan berkinerja tak bagus,” tambahnya.

Namun, Ujang menilai agak sulit untuk menggeser kursi Menkumham meski secara kinerja layak diganti. Sebab kursi itu dipegang oleh PDI Perjuangan.

Selain itu, dia memprediksi Mensos akan tetap diberikan untuk PDIP. Sedangkan, kursi Gerindra di Menteri KKP bisa digeser ke pos lain.

“Jika tidak di KKP pun, Gerindra akan dapat kementerian lain. Hanya digeser saja. Karena kesepakatan rekonsiliasi, Gerindra dapat jatah dua menteri,” jelasnya.

Presiden Jokowi pun diprediksi akan mengumumkan pada hari Rabu Pon. Jika melihat kebiasaan mantan gubernur DKI Jakarta ini.

“Sesuai dengan kepercayaan yang dianut Jokowi. Bisa saja reshuffle itu akan diumumkan Jokowi di Rabu Pon. Karena reshuffle sebelumnya di jilid pertama terjadi di Rabu Pon. Itu soal keyakinan. Jadi bisa saja akan dieksekusi oleh Jokowi,” pungkas Ujang.      (janu/resp.bkn/jk)