Kepala UPT Sapras Wilayah III Soreang,
bakinonline.com

Soreang – bakinonline.com

Normalisasi jaringan drainase disekitar kawasan lingkungan komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, yang meliputi kawasan seputar jalan Al.Fathu, jalan raya Soreang – Cipatik dan jalan raya Soreang – Bandung, harus segera dilakukan , hal ini mengingat untuk beberapa bulan ke depan akan menghadapi musim penghujan, demikian dikatakan Kepala  UPT  Sapras Wilayah III PUTR kabupaten Bandung, H. Dede Sukarsa, diruang kantor UPT Wil.III Soreang, jalan raya Soreang Ciwidey, Jum’at ( 13/9/2019 ).

Lebih lanjut, “Hal ini didasari dari hasil kegiatan pembersihan jaringan drainase yang telah dilaksanakan selama seminggu (7 hari), sekitar 15 m3 kotoran sampah berbagai jenis dibersihkan, masalah  ini terjadi diakibatkan oleh adanya sedimentasi dan sampah domestik warga diseputaran aliran jaringan drainase tersebut,” jelas Dede.

Dede berharap, “Agar pihak yang berkompeten dalam masalah ini, khusus bidang drainase PUTR kabupaten Bandung, membuat aturan dan agenda kerja rutin pemeliharaan jaringan drainase , didalam upaya meminimalisir dampak banjir apabila menghadapi musim penghujan. Khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup yang membidangi sampah, agar dapat bersinergi untuk membuat TPS (Tempat Pembuangan Sampah) di sekitar lingkungan warga yang dilewati jaringan drainase tersebut, sehingga masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya, dan didalam pembangunan TPS tersebut harus mengedepankan estetika dan ramah lingkungan,” ujarnya.

UPT Sapras Wilayah III Soreang, selama ini terus secara konsisten melaksanakan berbagai kegiatan yang meliputi pemsangan ” Drill” di sekitar pertigaan Al.Fathu, pemasangan jaring besi di titik tertentu didalam upaya meminimalisir masuknya sampah ke jaringan drainase, hal ini merupakan langkah-langkah pemeliharaan jaringan. ungkap Dede.

Dede juga menghimbau, Agar masyarakat turut serta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke jaringan drainase dan kepada pihak Telkom, maupun PLN agar dapat berkejasama dan berkoodinasi dengan pihak UPT didalam pemasangan kabel – kabel transmisinya yang memanfaatkan badan jaringan drainase, agar pelaksanaannya dapat diatur tidak mengganggu aliran air dibadan drainase.

# Sulaiman- Bakin Bdg