Jakarta, bakinonline.com

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan bahwa harga beras akan stabil usai Ramadhan. Hal ini disebabkan stok beras masih mencukupi kebutuhan sampai delapan bulan kedepan dengan ketersediaan 1,9 ton beras, Selasa 28/3/2017

 

 

 

 

Selain beras harga bawang cenderung menurun dikarenakan stok mencukupi. pemerintah sepakat, Bulog sudah memiliki gudang 1000 ton sehingga target satu bulan kedepan stok sudah tersedia. Pemerintah menyediakan bawang merah 2000 ton dan bawang putih 1000 ton persiapan manakala harga naik.

Amran mengatakan stok sudah lebih dari pada cukup sekitar 40 ribu ton karena perkiraan stok untuk ramadhan sekitar 30 ribu ton dan pemerintah berencana menambah lagi stok mencapai 50 ribu ton.

Dalam memastikan stabilitas harga pangan kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan Akan menurukan tim pengawas lapangan melalui Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan tiap daerah, Untuk mengantipasi lonjakan harga.

Inflasi januari 2017 mencapai 3,49 persen dan naik menjadi 3,83 persen pada febuari 2017. Itu disebkan karena naiknya tarif listrik dan STNK, (Hafidh-Bakin).