Bakinonline.com

Karawang- Bakinonline.com

Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana resmi menetapkan status tanggap darurat virus corona (Covid-19) untuk daerah Kabupaten Karawang, terhitung sejak Senin (23/3/2020) lalu hingga 100 hari ke depan atau sampai Selasa (30/6/2020) mendatang.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Bupati Karawang Nomor 360/Kep.292-Huk/2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Non-alam Covid-19 diseluruh Kabupaten Karawang yang ditetapkan pada tanggal 23 Maret 2020 lalu.

“Penetapan status tanggap darurat bencana sebagaimana dimaksudkan berlaku selama seratus hari terhitung mulai 23 Maret 2020 hingga 30 Juni 2020,” bunyi keputusan surat tersebut yang dapat di himpun Media Bakin, pada laman Instagram Diskominfo Kabupaten Karawang, @diskominfokrwkab, Minggu (29/3/2020).

Surat tersebut menyatakan semua biaya yang dikeluarkan sebagai dampak dari status tanggap darurat ini dibebankan pada APBD Kabupaten Karawang dan sumber pendapatan lain yang sah.

Cellica menyatakan surat tersebut dikeluarkan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Karawang.

Ia juga menyatakan penyebaran virus corona makin meluas dan sudah banyak menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan dampak psikologis bagi masyarakat.

“Serta mengancam mengganggu kehidupan dan  penghidupan masyarakat,” dalam isi surat tersebut.

Diketahui, Cellica sendiri sudah dinyatakan positif  corona (Covid-19) pada Selasa (24/3/2020) lalu. Hasil itu didapatkan usai bupati melakukan tes mandiri dengan pemeriksaan swab.

Cellica sendiri kini sudah mengisolasi diri dan melakukan tes Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar. Cellica diketahui sempat berinteraksi dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang sudah positif corona dalam acara Musyawarah (Musda) HIPMI Jawa Barat di Karawang, pada tanggal 9 Maret 2020 yang lalu.

# Marsono