bakinonline.com

Kab. Bandung- Bakinonline.com

Kekhawatiran pemerintah Indonesia, khususnya diwilayah kabupaten Bandung, tentang mewabahnya virus Corona, memang perlu diwaspadai tetapi masyarakat tidak perlu resah dan panik dengan adanya virus corona yang tengah mewabah di negeri Tirai bambu tersebut. Karena ditenggarai bahwa virus itu tidak akan hidup pada suhu diatas 1 derajat, kata Alo Sobirin, Kepala desa Cilame. Kutawaringin Kabupaten Bandung, Jum’at (7/2/2020) usai Musrenbang tingkat kecamatan Kutawaringin.

Menurutnya. “Corona mewabah di negeri China itu wajar, saat ini kan suhunya dingin sekira 1 derajat. Kalau di Indonesia, menurut ahli Biologi, Corona itu tidak akan hidup, karena suhu di negeri kita di atas 10 derajat. Tetapi tetap kitapun harus berupaya hati -hati melalui pola hidup yang sehat.

Justru yang harus menjadi kekhatiran kita adalah  virus Bank Emok paling jahat, yang prakteknya saat ini sudah menyebar disetiap daerah, bahkan korbannya sudah sangat memprihatinkan, bukan saja dibayar dengan materi, tetapi juga harga diri dan nyawa, bahkan virus Bank Emok ini dapat menghukum pelaku dari dampak sosial juga, ungkap Alo.

Saya sangat mengapresiasi, langkah DPRD Kabupaten Bandung yang akan menerbitkan Peraturan daerah (Perda) inisiatif anti rentenir. Dengan adanya payung hukum itu, diharapkan dengan adanya Perda tersebut, dapat mengikis dan mempersempit ruang gerak bank Emok ini, harap Alo.

Diakui Alo, pihaknya sebagai kepala desa  Cilame, sering menerima pengaduan dari warga yang jadi korban bank Emok. Pihak kami merasa kesulitan dikarenakan tidak ada payung hukum, dan pada akhirnya kamipun  tidak bisa berbuat banyak. Apalagi jika menghadapi pihak mereka yang katanya sudah mengantongi ijin operasional dari OJK segala.Dan untuk menyatakan legal dan tidak legalnya bank emok, jangankan kades, DPRD saja tidak bisa. Sebab otoritasnya ada di BI dan OJK,” ucapnya.

Idealnya pada saat ini, upaya  untuk mempersempit ruang gerak bank Emok ini melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), yang lebih jelas  legal formal kekuatan hukumnya,

Saat ini , baru sekitar 10 persen dari 270 desa dikabupaten Bandung yang memilki BUMDES,  Kebanyakannya sih pada belum,” jelas Alo seraya menambahkan, Dinas Koperasi sebagai leading sektor harus lebih berkontribusi dengan  pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat juga peranan koperasi harus lebih dimaksimalkan lagi, didalam menunjang ekonomi masyarakat, pungkasnya. Sulaeman

# Sulaeman