Jayapura, 1 April 2019- Bakinonline.com

Presiden RI Joko Widodo Jokowi bersama istrinya, Iriana Joko Widodo menemui sekitar 550 pengungsi korban banjir bandang di Sentani yang ada di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (1/4/2019).

Presiden Jokowi mendengarkan keluhan dan keinginan para pengungsi, kemudian menyampaikan bahwa para korban terdampak bencana tidak akan dikembalikan ke tempat tinggalnya.

“Ini harus direlokasi karena tempat yang lama tidak aman, tempat yang rawan bencana. Oleh sebab itu harus dipindahkan di tempat yang baru.” Ujar Jokowi.

Jokowi lebih menuturkan bahwa pemerintah pusat akan membangunkan rumah permanen bagi para pengungsi saat lahannya sudah tersedia. Dia pun meminta Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura segera menetapkan lokasi relokasinya.

“Relokasinya akan segera ditetapkan oleh gubernur dan bupati,  kalau tempatnya sudah dibebaskan dan ditetapkan, baru kita akan masuk dalam pembangunan rumahnya. Tapi saya ingin secepatnya ada penetapan lokasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan kepastian,” pungkas Jokowi.

Setelah mengunjungi para pengungsi, Jokowi diagendakan menggelar pertemuan tertutup dengan para tokoh agama di Swiss-Belhotel di Kota Jayapura, sebelum menuju ke Sorong, Papua Barat, pada Senin petang.  # Susi- Bkn Papua