JAKARTA, 9 Agustus 2018 – Bakinonline.com
Joko Widodo, Presiden RI mendeklarasikan diri kembali sebagai Calon Presiden 2019 mendatang dan memilih sebagai Cawapresnya yaitu Prof. KH. Maruf Amin.
“Setelah saya mendengarkan masukan-masukan dari para ulama, dari ketua umum partai, seluruh pengurus partai, dari relawan di seluruh tanah air dan tentunya dari aspirasi dari masyarakat luas.
maka dengan mengucap bismilah saya memutuskan untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden RI untuk periode 2019-2024,” Jokowi menyampaikan saat mendeklarasikan diri di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.
Kata Jokowi keputusan itu merupakan tanggung jawab besar yang bakal dipikulnya yang erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh pelosok Nusantara. Ujarnya.
Mengenai wakilnya. Jokowi mengatakan, bahwa Dia telah memikirkan masak-masak dan telah meminta persetujuan dan pertimbangan dari kolaisi Indonesia Kerja.
“Saya akan memberikan keputusan yang sangat penting, setelah perenungan mendalam dan menerima masukan maka saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari koalisi Indonesia kerja, yang mendampingi saya sebagai Calon Wakil Presiden adalah Prof. Dr. KH. Maruf Amin,” ujarnya.
Jokowi juga menjelaskan alasan dirinya memilih Maruf Amin sebagai wakilnya.
“Prof. Dr. KH. Maruf Amin lahir di Tangerang, 11 maret 1943 adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yg bijaksana, beliau pernah duduk sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU dan ketua MUI. Dalam kaitannya dengan kebinekaan beliau menjabat sebagai dewan pengarah ideologi Pancasila,” ujarnya.
Disamping itu, Jokowi mengatakan bahwa 9 partai koalisi Indonesia kerja semuanya telah menandatangani secara utuh kesepakatannya untuk mengusung Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.
“Selanjutnya besok pagi jam 9 pagi kami rencananya akan mendaftarkan diri ke kantor KPU,  berangkat dari Gedung Djoang 45 ke KPU beserta ketua umum dan sekjen dan seluruh relawan,” Jokowi menambahkan pembicaraannya kepada insan pers.  (Redaksi Bakin)